Your browser does not support JavaScript!
Gadis Kecil 'kecanduan' Chicken Nuggets Sepanjang Hidup
Gadis Kecil 'Kecanduan' Chicken Nuggets Sepanjang Hidup

Gadis berusia 11 tahun hanya mau makan chicken nuggets sejak usia 18 bulan. Sekarang gadis itu tengah berjuang melawan penyakit yang dideritanya.

Jessica Thompson, nama gadis itu, didiagnosis mengalami Avoidant Restrictive Food Intake Disorder (ARFID) pada September lalu. Menurut laman Kids Health, ARFID merupakan sebuah gangguan makan yang membuat penderitanya kehilangan nafsu makan terhadap makanan dan cenderung pemilih, sehingga bisa menyebabkan buruknya nutrisi dalam tubuh penderita. 

Sejak balita, Jessica hanya memiliki obsesi untuk memakan chicken nuggets. Ketakutan gadis asal Inggris ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan, sampai akhirnya dirinya didiagnosis mengalami ARFID. 

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, ibu Jessica, Julia Chan (41 tahun) pergi ke hipnoterapis. Sosok hipnoterapis bernama David Kilmurry menghabiskan sekitar tiga pekan untuk membuat Jessica dapat mengonsumsi makanan lain selain chicken nuggets. 

Sebelumnya, Kilmurry juga sempat melakukan hipnoterapi terhadap seorang anak laki-laki asal Wales, Inggris, yang memiliki obsesi terhadap makan sosis. Sang terapis memberikan metode yang sama kepada Jessica sebagaimana dirinya melakukan metode tersebut kepada pasien terdahulu. 

Sejak bekerja sama dengan hipnoterapis, gadis yang hanya bisa mengonsumsi chicken nuggets selama 10 tahun itu akhirnya kini dapat menikmati 24 jenis makanan lainnya, termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran. 

"Mencoba membuat seseorang dengan ARFID mampu memakan makanan lain merupakan hal yang sulit, sama sulitnya seperti orang dengan fobia laba-laba diminta untuk memegang laba-laba," tutur Kilmurry. 

Apa itu Hipnoterapi?

Dilansir dari laman Very Well Mind, Hipnoterapi merupakan sebuah teknik tambahan menggunakan proses hipnotis yang membantu merawat sejumlah masalah kesehatan dengan adanya gejala yang spesifik. 

Dalam prosesnya, hipnoterapi bekerja dengan membangkitkan kesadaran yang membebaskan orang untuk mengalami pelepasan dari perhatian eksternal dan fokus pada pengalaman batin. Pada umumnya, hipnoterapi digunakan untuk orang-orang yang mengidap fobia atau penyakit kecemasan lainnya. 

Hipnoterapi menggunakan teknik sebagai berikut:

  • Relaksasi
  • Sugesti
  • Coping skills
  • Eksplorasi terhadap pengalaman masa lalu

 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dengan expert melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Nov 10  -  2 min read