Your browser does not support JavaScript!
Fwb Boleh Saja, Tapi Yakin Sanggup Terima Dampak Mentalnya?
FWB Boleh Saja, Tapi Yakin Sanggup Terima Dampak Mentalnya?

Friends with Benefits atau lebih akrab disapa FWB merupakan hal yang cukup populer dalam kehidupan seks. Melansir laman Mind Body Green , FWB merupakan hubungan di mana dua orang berteman dengan santai dan berhubungan seks tanpa melibatkan perasaan romantis dan tanpa komitmen jangka panjang di antara mereka. Biasanya, kedua orang itu benar-benar menikmati menghabiskan waktu bersama tetapi tidak tertarik satu sama lain secara romantis. Situasi FWB juga biasanya non-monogami, artinya individu yang terlibat juga dapat berkencan dan berhubungan seks dengan orang lain.

Meski cukup banyak anak muda yang memilih untuk menjalankan FWB ketimbang berpacaran, namun nyatanya FWB memiliki dampak yang tidak baik untuk mental seseorang, baik pihak wanita maupun pria.

Sebagaimana dilansir dari Detik, Sex and Reproductive Health Content Creator, Janofah Chiny membeberkan dampak buruk terhadap mental bagi mereka yang melakukan FWB. Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa wanita yang melakukan FWB kemungkinan besar akan memiliki trust issue atau rasa kepercayaan yang kecil terhadap pasangan mereka di kemudian hari.

"Seperti mereka yang sudah menjadi istri orang, pas mau melakukan hubungan seks dia terpikir lagi dulu sama FWB aku begini. Artinya suami aku nggak serius ya sama aku, suami aku nggak cinta ya sama aku, atau jangan-jangan suami aku punya cewek lain di luar sana," contoh Janofah.

Sebuah penelitian dari University of Almeria pun mengungkapkan adanya dampak terhadap kesehatan mental bagi individu yang menjalani FWB. Dalam penelitian yang melibatkan 1073 peserta itu menunjukan hasil bahwa pria dan wanita memiliki dampak yang cenderung positif ketimbang negatif dari FWB.

Meski terungkap bahwa FWB memiliki dampak yang cenderung positif bagi para pelakunya, namun wanita cenderung merasakan kedua dampak tersebut, baik positif maupun negatif. Sebagaimana dijelaskan oleh Janofah sebelummnya, FWB memiliki dampak psikis yang berbeda pada tiap orang.

Digital Dokterid
Jun 14  -  2 min read