Your browser does not support JavaScript!
Fungsi Gigi Untuk Pencernaan
Fungsi Gigi Untuk Pencernaan

Orang dewasa harus memiliki 32 gigi, empat di antaranya adalah gigi bungsu. Keempat gigi bungsu mungkin tidak berkembang sama sekali atau mungkin ditarik kapan saja karena kurangnya ruang atau alasan lain.

Gigi mungkin organ yang berfungsi untuk mengunyah (pengunyahan) dan mempunyai fungsi yang sangat penting dari proses pencernaan. Mengunyah makanan dengan baik memberikan sinyal untuk air liur membantu dalam memecah karbohidrat tertentu.

Bagian-bagian gigi yang terlihat disebut mahkota. Struktur lapisan luar mahkota gigi terdiri dari permukaan luar yang keras yang disebut enamel. Ini adalah zat yang paling keras dalam tubuh manusia.

Molar memiliki permukaan yang besar dengan lubang-lubang dan alur yang membuat mereka cocok untuk menggiling makanan antara geraham atas dan bawah. Ada dua gigi geraham di masing-masing empat lengkungan mulut. Geraham adalah gigi terakhir di mulut masing-masing bagian Sebenarnya ada tiga geraham di setiap sisi, "molar 3" menjadi gigi kebijaksanaan.

Gigi seri, atau gigi depan terdiri dari tepi tajam yang dibuat untuk memotong makanan. Ada enam atas dan enam gigi seri bawah. Di sudut setiap gigi depan adalah gigi taring. Gigi taring memiliki akar yang panjang dan dirancang untuk merobek makanan. Gigi insisivus memotong makanan dan mendorongnya ke gigi belakang (molar dan premolar) dengan bantuan lidah. Gigi belakang benar-benar membantu dalam mengunyah makanan dengan permukaan mereka.

Premolar lebih kecil dari geraham dan membantu proses mengunyah dengan menghancurkan makanan. Ada juga dua premolar di setiap kuadran dari mulut dan mereka terletak di antara geraham dan gigi seri.

Sumber: totalhealthmagazine

Editor Dokter.id
Feb 26  -  2 min read