Your browser does not support JavaScript!
Financial Stress Di Masa Pandemi Sebabkan Terjadinya Kekerasan Pada Wanita
Financial Stress di Masa Pandemi Sebabkan Terjadinya Kekerasan Pada Wanita

Wanita di Australia yang mengalami financial stress atau kesulitan dalam keuangan yang disebabkan oleh pandemi berisiko tiga kali lipat untuk menjadi korban kekerasan seksual maupun fisik oleh pasangan mereka sebagaimana dilansir dari The Guardian.

Australia’s National Research Organization for Women’s Safety (Anrows) melakukan survey terhadap 10,000 wanita untuk diinvestigasi terkait kesulitan keuangan dengan adanya kekerasan oleh pasangan mereka selama pandemi Covid-19.

Penelitian tersebut menemukan hasil bahwa wanita dengan tingkat kesulitan keuangan yang tinggi sangat mungkin mengalami kekerasan fisik maupun emosional untuk pertama kalinya dalam hubungan mereka dibandingkan dengan mereka yang memiliki keuangan cenderung stabil. Peneliti juga menemukan bahwa kekerasan juga dapat terjadi di dalam hubungan yang memiliki perbedaan secara finansial.

 "Wanita yang menjadi sumber utama pemasukan dalam sebuah hubungan memiliki potensi mengalami kekerasan fisik, seksual, dan emosional dibandingkan wanita yang bukan menjadi sumber utama pemasukan," tulis Anthony Morgan dan Dr Hayley Boxall dari Australian Institute of Criminology.

Dalam penelitian sebelumnya, ditemukan penyebab dari kekerasan yang dilakukan oleh pria terhadap wanita, yakni mereka melakukan kekerasan sebagai bentuk dari kontrol dalam hubungan dan guna mengurangi perasaan ketidakmampuan yang mereka miliki.

Wanita juga rentan menjadi korban kekerasan ketika pasangan mereka menjadi sumber ekonomi utama dalam hubungan mereka. Ketergantungan wanita terhadap pasangan mereka menjadi penghambat mereka untuk meminta pertolongan atau bahkan keluar dari hubungan yang tak sehat itu.

Sebuah laporan yang dipublikasikan oleh U.N. Women pun menunjukan bahwa pandemi tak hanya memengaruhi keuangan wanita, namun juga membuat wanita merasa lebih rentan terhadap perlakuan kejam, pelecehan dan kekerasan seksual yang berdampak pada kesehatan mental dan emosional mereka. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang! 

Digital Dokterid
Feb 03  -  2 min read