Your browser does not support JavaScript!
Covid-19 Belum Tuntas, China Temukan Kasus Virus Flu H3n8 Pada Manusia
Covid-19 Belum Tuntas, China Temukan Kasus Virus Flu H3N8 pada Manusia

Negara China kembali melaporkan temuan virus flu baru, yakni flu burung H3N8 pada manusia. Meski menjadi kasus pertama, namun otoritas kesehatan mengatakan bahwa terdapat risiko yang cukup rendah terkait penularan luas di antara manusia.

Melansir NDTV, H3N8 diketahui telah beredar sejak 2002 setelah pertama kali muncul pada unggas air di Amerika Utara. Hal ini diketahui menginfeksi kuda, anjing dan anjing laut, namun belum pernah ada kasus yang terdeteksi pada manusia sebelumnya.

Komisi Kesehatan Nasional China pada hari Selasa (25/04/22) mengatakan seorang anak laki-laki berusia empat tahun yang tinggal di provinsi Henan tengah dinyatakan positif mengidap virus tersebut setelah dirawat di rumah sakit pada awal bulan April. Bocah tersebut memiliki gejala seperti salah satunya adalah demam.

Keluarga anak laki-laki itu diketahui memelihara ayam di rumah dan tinggal di daerah yang dihuni bebek liar. Bocah itu terinfeksi langsung oleh burung lantaran memiliki kontak erat.

Banyak jenis flu burung yang berbeda hadir di China dan beberapa menginfeksi orang secara sesekali. Pada umumnya, flu tersebut memaparkan kepada mereka yang bekerja dengan unggas.

Tahun lalu China melaporkan kasus pertama H10N3 pada manusia, sebagaimana dilansir dari Reuters.

China memiliki populasi besar baik burung ternak maupun burung liar dari banyak spesies, menciptakan lingkungan yang ideal bagi virus unggas untuk bercampur dan bermutasi.

Meningkatnya pengawasan terhadap flu burung pada manusia juga berarti semakin banyak infeksi yang terdeteksi.

Digital Dokterid
Apr 27  -  2 min read