Your browser does not support JavaScript!
Carina Joe, Ilmuwan Astazeneca Yang Tidak Mau Disebut Hebat
Carina Joe, Ilmuwan AstaZeneca yang Tidak Mau Disebut Hebat

Carina Joe adalah satu dari sekian perempuan pintar Indonesia. Ia ilmuwan yang memiliki pengaruh besar dalam produksi vaksin AstraZeneca, vaksin Covid-19 yang banyak dipakai masyarakat dunia. 

Rencananya, akhir pekan ini, Carina Joe akan mewakili tim menerima penghargaan Pride of Britain di London, Inggris. Vaksin AstraZeneca sendiri menjadi vaksin yang paling luas jangkauannya, yakni digunakan oleh lebih dari 170 negara, termasuk Indonesia. 

Ketua tim manufaktur, Dr. Sandy Douglas, mengungkapkan bahwa penemuan yang dilakukan oleh Carina menjadi sebuah landasan produksi besar dari vaksin Oxford AstraZeneca. Formula "dua sendok makan sel" menjadi bagian terpenting dalam kesuksesan vaksin AstraZeneca. 

Dalam penemuannya, Carina menemukan formula tersebut  pada 15 Januari 2020, saat kasus Covid baru berada di Wuhan, China. Carina juga mendapatkan pujian dari ketua tim manufaktur atas penemuan formulanya tersebut. 

"Jadi, formula Carina ini sangat produktif sehingga vaksin dapat dibuat dengan harga murah," tutur Sandy melansir dari laman BBC Indonesia. 

Meski tuai pujian, Carina tidak mudah puas hati. Dalam menanggapi hal tersebut, Carina mengaku bahwa capaian atas penemuan ini hanyalah sebuah awalan untuk menjadi orang yang hebat. "Tapi, saya tak merasa bangga atas hasil yang saya capai. Saya merasa perlu banyak belajar dari atasan saya dan profesor lain," tuturnya. "Menurut saya ini adalah awal permulaan saja. Masih panjang jalan yang harus ditempuh untuk menjadi orang hebat," tambahnya.

Faktor pendukung kesuksesan Carina

Secara psikologis disadur dari Psychology Today, ada beberapa faktor pendukung yang membuat seseorang sukses dalam melakukan suatu hal, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Keterbukaan
    Salah satu kunci dari kesuksesan adalah adanya sifat keterbukaan dan ketertarikan terhadap pengalaman baru. Tingkat keingintahuan orang sukses jauh lebih tinggi dibandingkan orang biasa. 

  • Kerja keras
    Kerja keras merupakan faktor lain yang membuat seseorang menjadi sukses. Tidak ada orang sukses yang suka bermalas-malasan atau tidak menghargai waktu yang terus berjalan. 

  • Ketelitian
    Ketelitian merupakan sebuah sifat yang melibatkan kehati-hatian dan keandalan dalam disiplin diri sendiri. Dalam contoh Carina Joe, memiliki salah satu faktor yang mendukung kesuksesan dirinya dalam penemuan vaksin. Dengan ketelitiannya, ia mampu mendistribusikan vaksin ke hampir seluruh belahan dunia.

    Selamat, Carina Joe, Anda telah membuat Indonesia dan dunia terus sehat!

    Sumber Foto: dw.com
Digital Dokterid
Oct 30  -  3 min read