Your browser does not support JavaScript!
Cara Mudah Kembali Langsing Setelah Melahirkan
Cara Mudah Kembali Langsing Setelah Melahirkan

Menjadi seorang ibu merupakan impian seorang wanita. Hamil dan melahirkan bayi yang sehat memberikan kebahagian untuk para ibu. Namun saat hamil, biasanya bentuk tubuh akan berubah.

Makan untuk 2 orang! Alasan ini yang sering digunakan setiap wanita hamil untuk memakan makanan dalam porsi besar. Keinginan mengkonsumsi makanan secara berlebihan ini menyebabkan berat badan bertambah, dan hanya setelah melahirkan Anda benar-benar akan menyadarinya. Namun jangan jadikan ini menjadi alasan untuk menyerah, justru sebaliknya! Ini adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan kembali bentuk badan ideal Anda dengan cara yang lebih sehat.

Tetap Aktif

Anda bisa melakukan rutinitas bersama bayi Anda, seperti Anda bisa mengajak bayi-bayi Anda jalan-jalan di kompleks rumah. Cara ini akan membantu meningkatkan hubungan Anda dengan bayi Anda. Gunakan setiap kesempatan untuk bergerak. Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk berpartisipasi, jika seluruh keluarga terlibat dalam proses ini, kegiatan ini akan menjadi motivasi yang lebih besar bagi Anda dan tujuan Anda lebih mudah dicapai.

Menyusui

Dengan menyusui hal ini akan memberikan dampak positif untuk Anda dan bayi Anda. Menyusui merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk bisa kembali langsing setelah melahirkan.

Pada saat Anda memberikan ASI eksklusif, maka sudah terjadi pengurangan timbunan lemak pada tubuh. Lemak yang disimpan akan dipergunakan untuk memproduksi ASI

Mengasuh Bayi Sendiri

Bila Anda ingin cepat langsing maka asuhlah bayi Anda sendiri.Mengerjakan sendiri segala keperluan bayi mulai dari memandikan bayi, ,mengganti popok, menggendong bayi, menidurkan bayi, menyusui hingga mengajak bayi bermain akan membantu menguras energi.

Aktivitas mengasuh dan mengurus bayi tidak hanya menyita waktu dan perhatian yang cukup banyak. Namun juga konsentrasi dan tenaga banyak yang terpakai.  

Memilih Makanan Sehat

Setelah melahirkan atau masa menyusui seringkali membuat para ibu ingin makan lebih banyak.Jadi isi lemari es Anda dengan makanan sehat. Ada kecenderungan orang akan memakan makanan apapun yang ada di dalam lemari es. Maka isilah lemari es Anda dengan makanan-makanan sehat seperti  sayuran, dada ayam, fillet ikan dan buah-buahan. Usahakan untuk makan makanan yang berwarna seperti semua warna yang terdapat dalam pelangi. Hal ini agar Anda mengonsumsi berbagai macam sumber vitamin.

Usahakan untuk mengkonsumsi protein esensial, vitamin dan karbohidrat.. Makanlah biji-bijian seperti oats, bersama dengan buah dan susu skim atau green tea. Anda juga bisa memadukan buah-buahan, sereal dan yogurt dalam menu makanan Anda. Anda dapat memilih untuk membuat smoothie yogurt, biji rami, blueberry dan jus jeruk.

Makanlah dengan Perlahan

Semakin lama seseorang mengunyah makanan maka reaksi otak menangkap rasa kenyang dapat berlangsung makin cepat. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan dan membuat perut tidak kembung.

Proses lambat itu juga memungkinkan terbentuknya enzim yang berfungsi membuat makanan menjadi lebih lembut baik seperti enzim lipase yang ada di mulut.

Aroma dan rasa lapar dengan kunyahan yang lambat membantu tubuh mengolah makan dengan baik dan membuat Anda mengontrol diri terhadap apa yang dimakan.

Baca Label Produk Saat Membeli Makanan

Setiap kali Anda membeli makanan, maka usahakan untuk membaca label pada kemasannya, jangan hanya melihat pada kalorinya saja, bacalah semua dan periksalah kandungan apa saja yang terdapat didalamnya.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak hydrogenated. Lemak ini merupakan lemak olahan yang tidak bisa dirubah oleh tubuh. Belajarlah untuk mengetahui apa yang Anda makan dan usahakan untuk memilih makanan segar dan alami.

Menjadikan Gaya Hidup Sehat Sebagai Pegangan Hidup

Berlatihlah menjalankan gaya hidup sehat, makan makanan sehat, berolahraga, jadikan hal ini menjadi kebiasaan yang baik, dan ajaklah seluruh keluarga Anda berpartisipasi, yang juga akan memberikan pengetahuan seputar hidup sehat. Jangan lupa bahwa dengan cara ini Anda juga mendidik anak-anak Anda untuk hidup sehat, bimbinglah mereka untuk memperoleh kebiasaan yang sehat dan hidup dengan kesehatan yang lebih baik.

Sumber: trendshealth

Nov 28  -  4 min read