Your browser does not support JavaScript!
Cara Mengatasi Trust Issue Dalam Hubungan Baru
Cara Mengatasi Trust Issue dalam Hubungan Baru

Trust issue bukanlah masalah yang mudah untuk diatasi, melainkan dapat terus ada di dalam diri seseorang dalam jangka waktu yang panjang. Trust issue sendiri bila diterjemahkan adalah adanya masalah kepercayaan. 

Memiliki trust issue merupakan hal yang cukup menyulitkan, khususnya ketika berkaitan dengan suatu hubungan. Pasalnya, kepercayaan dipercaya menjadi salah satu bentuk pondasi yang seharusnya kuat di dalam suatu hubungan. 

Namun bagaimana jika kamu memiliki trust issue dan hendak menjalin hubungan baru? Berikut cara mengatasinya sebagaimana dilansir dari Well + Good. 

  • Terbuka dan jujur

    Mungkin sulit untuk para pemilik trust issue untuk terbuka dengan orang yang baru dalam suatu hubungan, namun bersikap terbuka menjadi salah satu cara untuk mengatasi trust issue di dalam hubungan baru.

    Kamu bisa terbuka dengan pasanganmu akan hal-hal yang telah kamu lalui. Kamu dapat membicarakannya dengan pasangan kamu, sehingga pasangan kamu akan mengerti apa yang memicu trauma kamu di dalam hubungan.

    "Bagaimana pun juga, membicarakan pengalamanmu dapat membuat kamu merasa lebih baik," ungkap terapis hubungan, Aimee Hartstein, LCSW. 

  • Tanyakan pendapat orang lain

    Jika kamu melihat red flags di dalam hubungan yang tengah kamu jalani, ada baiknya kamu menanyakan kepada teman apakah kamu berlebihan atau memang hal tersebut tak wajar.

    "Jika ada sesuatu hal yang membuat kamu tidak nyaman, kamu bisa pergi berkonsultasi dengan teman-teman mu," kata Hartstein.
     
  • Mencari penutupan dari masa lalu

    Hal ini menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan jika kepercayaan kamu telah rusak yang disebabkan oleh hubungan kamu sebelumnya dan kamu masih belum bisa menghapus semua gambaran dari mantan kamu.

    "Terkadang, sedikit waktu dan perspektif dapat membantu orang untuk membungkus seluruh hal dan move on," kata Hartstein. 

  • Sadari bahwa waktu membantu

    Terkadang waktu lah yang menjadi cara untuk mengatasi sebuah masalah, salah satunya dengan masalah trust issue. "Semakin banyak waktu yang kamu habiskan dengan pasangan barumu, dan semakin banyak kamu membangun pondasi yang solid, maka akan semakin baik pula perasaanmu," tutur sang terapis hubungan itu. 

 

Konsultasikan masalah hubungan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Jan 18  -  3 min read