Your browser does not support JavaScript!
Cara Membahas Masalah Finansial Bersama Pasangan
Cara Membahas Masalah Finansial Bersama Pasangan

Membicarakan soal finansial merupakan hal yang penting ketika kamu dengan pasangan sudah menuju ke arah yang serius. Hal ini dilakukan guna memberikan gambaran untuk kehidupanmu dan pasangan di masa depan. 

Tak sedikit pasangan yang malu untuk memulai perbincangan yang sensitif ini, khususnya ketika masih dalam jenjang pacaran. Namun, bukan berarti hal ini tak perlu dibicarakan lantaran sifatnya yang sangat penting untuk dibicarakan sebelum menuju ke pelaminan. 

Dalam buku Maximum Marriage, Steven S.K. Chan menulis, Financial Intimacy merupakan salah satu penentu suksesnya sebuah pernikahan. Chan berkata, sejumlah hubungan rusak karena kekurangan uang, sebagian lainnya rusak karena kebanyakan uang. 

Dengan demikian, sudah dipastikan bahwa kunci dari perbincangan ini adalah adanya keterbukaan guna mempermudah pembahasan terkait kondisi finansial. Untuk itu, berikut sejumlah pertanyaan yang perlu dibahas terkait finansial untuk kamu yang masih berstatus pacaran. 

Pembahasan terkait pendapatan dan pengeluaran (untuk mengetahui kondisi finansial kamu dan pasangan)

  • Dari pendapatan bulanan, apakah ada sisa untuk tabungan?

  • Apakah kamu/pasangan memiliki tanggungan finansial/hutang? (Kartu kredit, tanggungan biaya hidup orang tua/adik, cicilan kendaraan, dsb)

Pembahasan terkait budgeting (untuk mengetahui kebiasaan finansial dan disiplin finansial)

  • Apakah kamu/pasangan memiliki budget pengeluaran bulanan?

  • Apakah kamu/pasangan memiliki budget liburan/upgrade gadget?

  • Apa yang kamu/pasangan lakukan jika ada pengeluaran diluar budget?

Pembahasan terkait masa depan (untuk mengetahui perencanaan finansial)

  • Bagaimana pandangan kamu tentang joint-account? Jika hubungan sudah mulai serius, apakah itu sebuah keharusan?

  • Apakah target finansial kamu untuk 1 tahun ke depan?

  • Apakah kamu bersedia untuk melakukan perencanaan finansial bersama dengan pasangan?


Membicarakan soal keuangan bersama pasangan memang bukanlah hal yang terbilang mudah, terutama jika satu atau kedua pasangan tidak memiliki rasa keterbukaan yang tinggi. 

Hal ini mungkin penting dibicarakan, namun jangan memaksakan jika pasangan kamu merasa tidak nyaman untuk membicarakan soal keuangan. Kunci dari pembahasan finansial ketika masih pacaran adalah untuk memupuk financial intimacy, bukan untuk mengetahui kemampuan finansial pasangan lalu mendiskriminasikan hubungan berdasarkan kemampuan finansial. 

Ditulis oleh Cory Elisabeth, Expert dalam Marriage Counseling

 

Digital Dokterid
Dec 23  -  3 min read