Your browser does not support JavaScript!
Cara Aman Saat Mewarnai Rambut
Cara Aman Saat Mewarnai Rambut

Mengganti warna rambut merupakan salah satu hal yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan penampilan seseorang. Menggunakan pewarna rambut memang memiliki risiko. Berikut adalah cara aman yang dapat Anda lakukan bila ingin mewarnai rambut:

  • Jangan biarkan pewarna rambut di kepala Anda lebih lama dari yang diperlukan. 
  • Bilas kulit kepala Anda secara menyeluruh dengan air setelah digunakan. 
  • Pakailah sarung tangan ketika mengoleskan pewarna rambut. 
  • Dengan hati-hati ikuti petunjuk pemakaian pewarna rambut. 
  • Jangan pernah mencampur beberapa produk pewarna rambut yang berbeda. 
  • Pastikan untuk melakukan tes untuk mengetahui reaksi alergi sebelum mengoleskan pewarna rambut Anda. Hampir semua produk pewarna rambut memberikan petunjuk bagaimana menguji produk tersebut. Sangat penting untuk melakukan hal ini setiap kali Anda akan mewarnai rambut Anda. Untuk mengujinya, oleskan setetes pewarna rambut di belakang telinga Anda, dan jangan mencucinya selama dua hari. Jika Anda tidak mengalami tanda-tanda reaksi alergi, seperti gatal-gatal, terbakar, atau kemerahan di tempat Anda oleskan pewarna rambut tersebut. Anda bisa lebih yakin bahwa kemungkinan Anda tidak akan memiliki reaksi alergi terhadap pewarna rambut tersebut. Apabila Anda mengalami reaksi alergi terhadap suatu produk, sebaiknya Anda melakukan pengujian yang sama dengan merek atau warna yang berbeda sampai Anda menemukan produk yang tidak membuat Anda alergi.  
  • Jangan pernah mewarnai alis atau bulu mata. Reaksi alergi terhadap pewarna rambut dapat menyebabkan pembengkakan atau meningkatkan risiko infeksi pada daerah mata. Hal ini dapat membahayakan mata dan bahkan menyebabkan kebutaan. Apabila pewarna rambut mengenai mata secara tidak sengaja bisa menyebabkan kerusakan permanen. FDA melarang penggunaan pewarna rambut untuk bulu mata dan alis, sekalipun dilakukan di salon kecantikan.

Sumber: womenshealth

Editor Dokter.id
Oct 20  -  2 min read