Your browser does not support JavaScript!
Cara Alami Tingkatkan Produksi Asi
Cara Alami Tingkatkan Produksi ASI

Tak sedikit wanita kesulitan memproduksi air susu ibu atau juga dikenal dengan istilah ASI. ASI merupakan sumber nutrisi dari para bayi. Biasanya, ASI diberikan melalui botol susu atau langsung dari puting susu sang ibu. 

Rendahnya produksi ASI dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor emosional, kondisi medis, rokok dan alkohol, hingga sempatnya melakukan operasi pada payudara. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir jika produksi ASI kamu rendah. 

Ada banyak cara meningkatkan produksi ASI. Berikut sejumlah cara alami untuk meningkatkan produksi ASI untuk sang ibu.

  • Meminum air putih yang banyak

    Melansir laman Black Doctor+org, semakin banyak air putih yang kamu konsumsi, maka semakin banyak kamu akan memproduksi ASI. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan ASI yang mengandung 90% air, dan karbohidrat, protein, dan lemak sisanya. 

  • Menyusui lebih sering

    Menyusui bayi lebih sering menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI. Kamu bisa menyusui bayi sesering mungkin dan membiarkan sang bayi menentukan kapan waktunya untuk berhenti.

    Dilansir dari laman Healthline, ketika bayi menghisap puting susu kamu, di saat itu lah hormon terproduksinya susu terpicu. Kamu bisa rileks saat bayi menghisap puting susu kamu dan membiarkan pemicuan hormon terjadi guna meningkatkan produksi ASI.

  • Mandi dengan air hangat

    Mandi atau berendam dengan air hangat dapat meningkatkan produksi ASI. Saat mandi atau berendam air hangat, kamu dianjurkan untuk memijat area payudara kamu agar menekan susu keluar. Dengan demikian, payudara kamu akan menyediakan susu yang cukup.
     
  • Menyusui dari kedua sisi

    Menyusui bayi melalui dua sisi payudara merupakan cara lain untuk meningkatkan produksi ASI. Tak hanya menyusui dari kedua sisi secara bergantian, namun melakukan pumping juga dikabarkan dapat meningkatkan produksi ASI.

  • Makanan dan suplemen

    Ada banyak makanan dan rempah-rempah yang dapat meningkatkan produksi ASI pada wanita. Dilansir  dari laman Canadian Breastfeeding Foundation, sejumlah makanan dan rempah-rempah yang bisa meningkatkan produksi ASI antara lain seperti bawang putih, jahe, kelabat (fenugreek), hingga spirulina.

 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico!

Digital Dokterid
Dec 07  -  2 min read