Your browser does not support JavaScript!
Cara Alami Mengurangi Gejala Menopause
Cara Alami Mengurangi Gejala Menopause

Menopause merupakan fase yang pasti akan dialami setiap wanita. Menopause sendiri dapat menyebabkan gejala yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Beberapa gejalanya antara lain sulit tidur, dada terasa panas hingga terbakar, perubahan mood, vagina mengering, rambut rontok, hingga tumbuhnya rambut pada wajah. 

Untuk meminimalisir gejala menopause, ada sejumlah cara alami yang dapat mengatasinya. Cara alami ini dapat membantu meringankan gejala menopause yang dialami dari hari ke hari. 

  • Diet eliminasi

    Ketika kamu sedang berada di dalam fase menopause, kamu bisa mengandalkan diet eliminasi. Diet eliminasi artinya kamu berhenti untuk memakan makanan apapun yang dianggap memicu munculnya gejala menopause. 

    Dengan melakukan diet eliminasi, kamu dapat mengurangi terjadinya gejala dari menopause. Sejumlah cara dalam diet eliminasi adalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol, makanan pedas, hingga kafein untuk meminimalisir hot flashes. 

  • Senam kegel

    Gejala menopause antara lain sulit mengontrol pembuang air, sehingga wajar jika wanita menopause sering mengompol. Senam kegel merupakan cara yang tepat mengatasi gejala tersebut. Kamu bisa mengikuti senam kegel dari rumah yang bisa kamu tiru dari banyak instruktur di situs YouTube.
     
  • Krim, gel, minyak herbal

    Keringnya vagina menjadi gejala lain pada masa menopause. Kamu bisa menggunakan krim, gel, hingga minyak herbal sebagai cara alami dalam mengatasi keringnya vagina.

    Gel chamomile hingga krim akar manis atau licorice menjadi bahan alami herbal yang direkomendasikan dalam mengatasi gejala menopause satu ini. Bahan herbal ini terbukti dapat meringankan gejala dari rasa sakit saat berhubungan intim dan kering, gatal, maupun sensasi terbakar pada vagina. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang! 

Digital Dokterid
Jan 06  -  2 min read