Your browser does not support JavaScript!
Bisa Berakibat Fatal, Robert Pattinson Lakukan ‘sipping Diet’ Demi Batman
Bisa Berakibat Fatal, Robert Pattinson Lakukan ‘Sipping Diet’ Demi Batman

Seorang aktor tidak hanya perlu mendalami peran yang mereka mainkan, melainkan juga harus memenuhi penampilan sesuai dengan perannya. Dalam hal tersebut, Robert Pattinson si pemeran film Batman terbaru memiliki caranya sendiri dalam melakukannya.

Aktor kelahiran London itu mengatakan bahwa dirinya mempersiapkan penampilan Batman-nya selama beberapa bulan. Pattinson memilih diet yang disebut ‘sipping diet’ untuk membantu tubuhnya lebih berbentuk untuk film tersebut.

Sipping diet merupakan diet yang dilakukan dengan adanya pengurangan konsumsi cairan pada tubuh. "Kamu hanya mengurangi dan mengurangi dan mengurangi sebelum beberapa adegan tanpa busana, dan kamu menghitung asupan air," ucap Pattinson dikutip dari People.

Sipping diet diketahui mampu mengurangi berat badan secara drastis. Meski dapat melakukan perubahan berat badan dengan drastis, nampaknya metode diet ini memiliki risiko yang cukup berbahaya. Pasalnya, dengan mengurangi asupan cairan pada tubuh dapat menyebabkan seseorang dehidrasi.

"Membatasi asupan air tidaklah aman maupun solusi yang tepat untuk mengurangi berat badan. Itu memang merupakan metode yang hasilnya drastis, perubahan berat badan dalam jangka pendek, disebabkan oleh hilangnya cairan, bukannya lemak, dan dapat sangat berbahaya," jelas Dr Nadja Auerbach dikutip dari The Sun.

Sipping diet merupakan teknik yang kadang dilakukan oleh atlet yang bersaing dalam olahraga kelas berat seperti boxing, angkat beban, dan binaraga. Melansir dari Science Times, dengan menggunakan teknik ini sebelum kompetisi dimulai dapat membantu meningkatkan bentuk otot dan membantu membuat otot lebih tampak, disebabkan oleh kurangnya cairang yang tersedia di bawah kulit.

Teknik ini agak mirip dengan efek natrium yang juga menyebabkan dehidrasi tubuh secara keseluruhan. "Perlu dicatat bahwa metode ini tidak selalu berhasil untuk semua orang, karena tiap tubuh orang dan bagaimana mereka bereaksi terhadap jumlah air/sodium yang mereka konsumsi berbeda-beda. Dehidrasi berlebih dapat menyebabkan gangguan dan serangan fungsi otak," beber Dr Auerbach.

Digital Dokterid
Mar 11  -  2 min read