Your browser does not support JavaScript!
Birth Orgasmic, Fenomena Berorgasme Saat Melahirkan
Birth Orgasmic, Fenomena Berorgasme Saat Melahirkan

Ketika membayangkan proses melahirkan, mungkin yang terbesit di dalam kepala sebagian orang adalah kesulitan hingga rasa sakit yang dirasakan. Namun, bisakah seseorang melahirkan dengan cara yang menyenangkan? Jawabannya adalah cukup memungkinkan.

Orgasmic birth atau juga disebut sebagai persalinan yang menyenangkan pada dasarnya merupakan gagasan bahwa sejumlah orang mungkin dapat mengalami orgasme saat melahirkan. Orgasme ini bisa terjadi secara spontan atau sebagai akibat dari masturbasi atau bahkan hubungan seksual.

Bukan tidak mungkin seseorang dapat mengalami orgasme ketika melahirkan. Meski demikian, bukti dari hal tersebut bersifat kisah orang per orang, belum banyak penelitian ilmiah yang menggali tentang fenomena tersebut. Fenomena berorgasme saat melahirkan terbilang jarang terjadi dan jarang dilaporkan. Sebuah penelitian Sexologies (2013) mengungkapkan bahwa setidaknya fenomena tersebut terjadi pada 0,3 persen yang melahirkan dengan proses normal.

Pada dasarnya, fenomena tersebut dapat terjadi disebabkan oleh pergerakkan bayi yang menyentuh bagian yang sama dalam tubuh kamu yang juga terlibat di dalam kesenangan seksual. Alasan lain adalah adanya sejumlah pelepasan hormon saat melahirkan yang meliputi oksitosin, yakni hormon yang membantu membuat rasa nikmat saat orgasme.

Meski terdengar menyenangkan, namun tak semua orang dapat merasakan fenomena tersebut. Sulit untuk mengetahui apakah seseorang dapat merasakan orgasme saat melahirkan dan juga sulit untuk merencanakan terjadinya hal tersebut.

Sebagian besar orang mengandalkan pada rangsangan klitoral untuk mencapai orgasme, namun klitoral dan uterus orgasme berbeda. Melansir laman Healthline, orang yang mengalami orgasme pada saat persalinan sebenarnya mengalami orgasme vaginal. Agar hal tersebut terjadi, bayi harus menyentuh G-spot pada tubuhmu saat sedang melahirkan.

Tak hanya memberikan rasa yang menyenangkan, orgasmic birth pun memiliki manfaat lain. Sebuah penelitian oleh Beverly Whipple dan Barry R.Komisaruk menunjukkan bahwa orgasme dapat meningkatkan toleransi rasa sakit. Artinya, orgasme juga dapat meredakan rasa sakit saat sedang melahirkan.

Jika kamu merasakan orgasme dalam proses melahirkan atau tahap awal persalinan, itu dapat bekerja sebagai pereda rasa sakit alami untuk membantu mengurangi kebutuhan obat penghilang rasa sakit saat melahirkan.

Konsultasikan masalah kesehatan seksual kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang! 

 

Digital Dokterid
Mar 02  -  2 min read