Your browser does not support JavaScript!
Berikut Makanan Yang Wajib Anda Konsumsi Ketika Hamil 4 Bulan
Berikut Makanan yang Wajib Anda Konsumsi Ketika Hamil 4 Bulan

Akhirnya trimester pertama kehamilan Anda sudah lewat. Pada trimester kedua, rasa mual, muntah, sakit kepala, mudah mengantuk, perut kembung, dan sering buang air kecil biasanya sudah berkurang atau bahkan menghilang.

Anda akan merasa lebih aktif, energik, dan tidak terlalu cemas. Pada trimester kedua ini Anda sudah mulai dapat merasakan pergerakan bayi Anda. Perut Anda biasanya juga sudah mulai tampak membesar.

Pada bulan keempat kehamilan Anda, bayi Anda biasanya sudah terbentuk sempurna. Setiap organ, seperti otak, ginjal, saraf tulang belakang, mata, jari kaki dan tangan, paru-paru, dan hati sudah terbentuk dan telah berfungsi.

Tubuh bayi Anda akan mulai mengeraskan tulang dan mengkoordinasikan kerja organ. Oleh karena itu, pada tahap ini bayi Anda membutuhkan nutrisi lebih banyak untuk pertumbuhannya. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat usia kehamilan Anda sudah mencapai 4 bulan.

 

Makanan Tinggi Serat

Trimester kedua merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mencegah terjadinya sembelit pada trimester selanjutnya dan setelah melahirkan. Pastikan Anda mengkonsumsi banyak serat pada bulan keempat kehamilan Anda. Makanan yang mengandung banyak serat adalah gandum, oat, dan sayuran berdaun hijau.

 

Lemak Essensial

Bayi Anda dan tubuh Anda memerlukan lemak essensial ini untuk menurunkan resiko terjadinya persalinan prematur, berat badan lahir rendah, dan keterbelakangan mental dan kognitif pada bayi. Pastikan Anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak asam lemak omega 3, 6, dan 9 seperti ikan air tawar, ikan tuna kalengan, kacang, dan minyak zaitun.

 

Baca juga: Perkembangan Kehamilan Anda (Minggu 13-16)

 

Susu dan Produknya

Tubuh Anda dan bayi Anda membutuhkan lebih banyak kalsium sekarang ini. Pada saat ini dokter biasanya akan mulai memberikan suplemen vitamin D dan kalsium pada Anda. Dengan demikian bayi Anda dapat memiliki tulang yang lebih kuat. Konsumsilah setidaknya 1 liter susu atau produknya setiap hari.

 

Daging

Jika rasa mual Anda mulai hilang, Anda dapat mulai mengkonsumsi daging. Akan tetapi, pastikan daging yang Anda konsumsi telah dicuci bersih dan telah dimasak dengan baik. Daging yang kurang matang dapat mengandung bakteri dan virus berbahaya.

 

Buah

Buah segar merupakan makanan yang harus selalu dikonsumsi selama Anda hamil karena mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta mengandung banyak air dan atau serat.

 

Makanan Kaya Zat Besi

Proses pertumbuhan janin Anda di bulan keempat ini memerlukan banyak zat besi. Selain itu, tubuh Anda juga memproduksi sekitar 3-6 liter darah tambahan saat hamil, yang berarti Anda membutuhkan lebih banyak zat besi. Beberapa makanan yang mengandung banyak zat besi adalah kacang, telur, buah kering, dan gandum.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Jan 19  -  3 min read