Your browser does not support JavaScript!
Berhenti Berhubungan Seks Bisa Bikin Stres?
Berhenti Berhubungan Seks Bisa Bikin Stres?

Beberapa orang melakukan hubungan intim secara rutin, namun beberapa lainnya justru melakukan hubungan intim dengan adanya jeda waktu tertentu. Jeda ini bisa saja terjadi untuk pasangan yang tinggal di kota yang berbeda atau sedang dalam masa long distance relationship.

Dalam situasi ini, kamu cenderung mendapatkan keuntungan dan kekurangan dari melakukan seks yang tak rutin. Kabarnya, hubungan intim dapat mempengaruhi kesehatan tubuh baik fisik maupun psikis. 

Efek samping tidak berhubungan intim

 

  • Kesehatan mental terganggu
    Berhubungan intim diketahui melepaskan senyawa endorphin yang berguna untuk memberikan rasa senang serta kekebalan untuk tubuh dan hormon oksitosin ke dalam tubuh. Oksitosin juga berperan dalam membantu tubuh untuk mudah tidur.

    Ketika tubuh tidak melakukan seks, maka kamu mungkin akan merasa stres hingga buahkan gangguan kecemasan pada diri.
     
  • Hubungan yang renggang
    Suatu hubungan bisa saja terus berjalan meski tanpa adanya hubungan seks. Namun untuk pasangan yang rutin dalam berhubungan seks, maka hal tersebut jelas menjadi masalah.

    Pada umumnya, pasangan yang melakukan seks secara rutin atau sering akan merasa adanya keterikatan secara emosi dibandingkan dengan pasangan lain yang jarang melakukan hubungan seks. 

  • Kesehatan vagina
    Untuk orang yang jarang melakukan seks, akan merasa tidak nyaman ketika kembali melakukannya. Kamu mungkin akan butuh waktu yang lama untuk kembali merasa nyaman dalam berhubungan intim. Ketidaknyamanan ini biasanya berasal dari merapatnya kembali pada Miss V, serta kurangnya pelumas yang dihasilkan sehingga akan terasa kering. 

  • Rasa kram pada saat menstruasi
    Berhubungan intim dikenal baik untuk mengurangi rasa kram yang terjadi pada saat sedang datang bulan. Seks diketahui dapat menjadi salah satu cara untuk meringankan rasa kram pada perut bagian bawah.

    Tak hanya berhubungan intim bersama pasangan, berhubungan intim dengan diri sendiri, yakni masturbasi, juga dapat membantu meringankan rasa kram pada saat tengah datang bulan. 

Keuntungan berhenti lakukan seks

  • Tak khawatir hamil
    Banyak cara untuk menghindari kehamilan walaupun kamu rutin melakukan seks. Namun, masih ada setidaknya 1% dari 100% kemungkinan kamu hamil ketika berhubungan seks. Cara yang tepat untuk menghindari kehamilan adalah untuk tidak berhubungan seks.
     
  • Eksplorasi diri
    Banyak orang yang belum mengenali tubuh mereka sendiri dalam mencapai titik kepuasan saat berhubungan intim. Keuntungan lain untuk kamu tidak melakukan seks adalah kamu memiliki waktu untuk mengeksplorasi tubuh kamu sendiri.

  • Meminimalisir terjadinya infeksi
    Secara umum, tidak melakukan seks jelas akan meminimalisir terkenanya penyakit menular atau infeksi pada alat intim. Kejarangan dalam berhubungan intim juga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

Kamu mengalami masalah seksual atau relationship? Konsultasikan dengan expert kami melalui layanan Telekonsultasi sekarang!

Digital Dokterid
Oct 25  -  3 min read