Your browser does not support JavaScript!
Berbagai Hal Yang Membuat Pria Juga Mengalami “menstruasi”
Berbagai Hal yang Membuat Pria Juga Mengalami “Menstruasi”

Menstruasi atau haid merupakan "perdarahan" alami yang dialami setiap bulan oleh semua wanita sehat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa keadaan yang membuat pria juga dapat mengalami menstruasi dan gejala seperti PMS (sindrom premenstrual)?

Menstruasi yang dimaksud di sini bukanlah menstruasi seperti yang terjadi pada wanita dan gejala seperti PMS yang dimaksud adalah mood yang berubah-ubah dan tampak canggung akibat perubahan kadar hormon testosteron saat remaja dan dewasa.

 

Baca juga: Menopause Pada Pria

 

Yang dimaksud dengan menstruasi pria adalah adanya perdarahan yang keluar dari alat kelamin pria akibat berbagai gangguan medis, yang membutuhkan pengobatan segera. Jadi, menstruasi pria bukanlah suatu siklus bulanan dan bukan merupakan suatu hal yang normal. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gangguan medis yang membuat seorang pria juga dapat mengalami "menstruasi".

 

Schistosomiasis

Schistosomiasisdisebabkan oleh parasit Schistosoma haematobium dan dapat menyebabkan terjadinya menstruasi pada pria. Salah satu gejala yang sering ditemukan adalah adanya darah pada air kemih dan tinja. Penyakit ini ditularkan melalui air bersih yang mengandung schistosoma atau cacing pipih. Cacing ini kemudian akan masuk ke dalam kulit manusia dengan cara membuat lubang di kulit. Selain perdarahan dari kemaluan, penderita biasanya juga akan mengalami gejala lain seperti timbulnya lepuhan pada kulit, pembesaran perut, dan nyeri perut yang berlangsung terus-menerus.

 

Infeksi Ginjal

Terjadinya berbagai gangguan pada ginjal seperti infeksi dan batu dapat menyebabkan ditemukannya darah di dalam air kemih. Infeksi ginjal biasanya disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini akan mengganggu kemampuan filtrasi ginjal dan membuat darah dapat masuk ke dalam saluran kemih, yang pada akhirnya akan mencapai kandung kemih.

Batu ginjal juga dapat menyebabkan adanya darah di dalam air kemih akibat kerusakan nefron di dalam ginjal.

 

Tumor Kandung Kemih, Ginjal, Atau Ureter

Tumor dapat terbentuk pada kandung kemih, ginjal, dan ureter. Adanya tumor dapat menyebabkan keluarnya darah dari kemaluan dan nyeri saat buang air kecil. Darah juga dapat ditemukan di dalam air kemih.

 

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih memiliki penyebab yang hampir sama dengan infeksi ginjal. Infeksi saluran kemih biasanya terjadi saat saluran kemih terpapar oleh bakteri seperti E. coli atau Staphylococcus saprophyticus. Anak laki-laki memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan ini hingga mereka berusia 1 tahun. Setelah berusia 2 tahun, infeksi saluran kemih lebih sering ditemukan pada anak perempuan. Menjaga kebersihan kemaluan dan minum banyak air putih merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

 

Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya perdarahan melalui kemaluan sebagai efek sampingnya. Obat pengencer darah atau aspirin, penicillin, dan obat yang mengandung sulfa dapat menyebabkan darah merembes masuk ke dalam pembuluh darah ginjal hingga dapat masuk ke dalam air kemih.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Nov 21  -  3 min read