Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Susu Justru Berbahaya Bagi Tulang Anda?
Benarkah Susu Justru Berbahaya Bagi Tulang Anda?

Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa susu dan produk olahan susu saat ini mungkin bukanlah perlindungan utama bagi tulang Anda dari terjadinya osteoporosis, berbeda dari dugaan banyak orang selama ini.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 3-5 gelas susu setiap harinya memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami patah tulang dan bahkan kematian dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi kurang dari 1 gelas susu setiap harinya.

Hal ini mungkin dikarenakan jumlah gula yang terdapat di dalamnya. Susu biasanya mengandung banyak laktosa dan galaktosa, 2 jenis gula. Berbagai penelitian sebelumnya pada hewan percobaan telah menemukan adanya hubungan antara gula di dalam susu dengan stress oksidatif dan radang di dalam tubuh. Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang biasa mengkonsumsi susu memiliki kadar biomarker stress oksidatif dan radang yang lebih tinggi.

Anda tidak perlu langsung berhenti mengkonsumsi susu setelah membaca artikel ini. Anda hanya perlu lebih memperhatikan berapa banyak gula yang terdapat di dalam susu yang Anda konsumsi dan berapa banyak susu yang Anda konsumsi setiap harinya.

Hal ini dikarenakan hasil penelitian ini hanya berdasarkan pada sebuah survei yang dilakukan pada 61.433 orang wanita dan 45.339 orang pria.

Bila Anda tetap ingin mengganti susu yang biasa Anda konsumsi, susu almond, keju, dan susu fermentasi dapat menjadi pilihan.

 

 

Sumber: womenshealthmag

Editor Dokter.id
Dec 05  -  2 min read