Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Stress Dapat Membuat Seseorang Menjadi Lebih Cuek?
Benarkah Stress Dapat Membuat Seseorang Menjadi Lebih Cuek?

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa stress ternyata memiliki hubungan langsung dengan kemampuan seseorang untuk menunjukkan rasa empati pada orang lain. Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa stress dapat membuat seseorang lebih sulit menunjukkan rasa kasih sayangnya pada orang lain.

Pada penelitian ini, para peneliti memberikan tikus dan manusia sebuah obat yang berfungsi untuk menghambat pelepasan hormon stress. Para peneliti kemudian menemukan hasil yang menakjubkan, yaitu saat kadar stress rendah (terkendali), maka seseorang pun menjadi lebih perhatian pada orang-orang di sekitarnya dan lebih dapat menunjukkan rasa empati pada orang lain.

Perubahan perilaku ini juga terjadi pada tikus percobaan, di mana tikus menjadi lebih berempati pada teman sekandangnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu penyebab mengapa seseorang tampaknya enggan menolong orang lain ternyata adalah karena seseorang merasa lebih stress saat berada di sekitar orang-orang yang tidak dikenalnya. Jadi, semakin tinggi kadar stress seseorang, maka makin rendahnya rasa empati yang dimilikinya.

Pada penelitian ini, para peneliti memberikan penghambat hormon stress (metirapon) pada tikus dan menemukan bahwa tikus tersebut langsung mau berinteraksi dengan tikus asing yang tampak kesakitan dan bukannya menyerang tikus asing tersebut.

Obat yang sama juga diberikan oleh para peneliti pada para mahasiswa yang ikut serta dalam penelitian ini. Para mahasiswa ini kemudian dipasangkan dengan orang-orang asing dan diminta untuk menyaksikan saat orang asing tersebut memasukkan tangannya ke dalam air es.

Para peneliti kemudian menemukan respon yang sangat berbeda pada para mahasiswa tersebut. Mereka menunjukkan raut wajah nyeri dan melakukan berbagai gerakan tubuh saat menyaksikan orang asing tersebut kesakitan.

 

Sumber: sheknows

Editor Dokter.id
Mar 20  -  2 min read