Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Obat Kolesterol Anda Dapat Mencegah Terjadinya Kanker?
Benarkah Obat Kolesterol Anda Dapat Mencegah Terjadinya Kanker?

Sebuah penelitian baru di Amerika menemukan bahwa obat kolesterol yang banyak digunakan orang saat ini, yaitu obat golongan statin mungkin tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menjaga kesehatan jantung Anda, tetapi juga dapat membantu menurunkan resiko menyebarnya sel-sel kanker tertentu ke organ tubuh lainnya.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa statin dapat menghentikan kemampuan sel kanker untuk membelah diri dari tumor primer dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa obat penurun kolesterol ini dapat mengganggu pertumbuhan sejumlah sel-sel kanker yang biasanya akan membelah diri dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Beberapa penelitian terdahulu pun sebenarnya telah menemukan beberapa bukti bahwa obat golongan statin ini tampaknya dapat membantu melawan kanker, walaupun para peneliti tidak berhasil menemukan bagaimana mekanisme perlawanan tersebut terjadi.

Saat sel kanker akan menyebar ke bagian tubuh lainnya, maka ia biasanya akan masuk ke dalam aliran darah atau aliran getah bening. Saat sel kanker masuk ke dalam aliran darah, maka sel-sel kanker tersebut membutuhkan suatu kolesterol untuk sukses menyebar ke bagian tubuh lainnya. Para peneliti menemukan bahwa obat golongan statin dapat mencegah terbentuknya kolesterol yang dibutuhkan sel kanker untuk menyebar tersebut.

Walaupun statin tidak dapat membantu mengatasi tumor primer yang telah terbentuk, akan tetapi obat golongan statin ini dapat membantu menghentikan proses penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya, yang tentu saja sangat penting karena sebagian besar penderita kanker meninggal akibat penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh atau ke organ tubuh lainnya.

 

Sumber: newsmaxhealth

Editor Dokter.id
Feb 27  -  2 min read