Your browser does not support JavaScript!
Benarkah Menstruasi Menyebabkan Nyeri Punggung?
Benarkah Menstruasi Menyebabkan Nyeri Punggung?

Banyak yang bertanya apakah Anda bisa mengalami sakit punggung selama menstruasi?

Menstruasi dapat menyebabkan Anda mengalami sakit punggung bagian bawah, yang dapat diperburuk jika ada kondisi mendasar yang menyebabkan rasa sakit. Nyeri punggung bawah adalah salah satu gejala dismenore, suatu istilah yang diberikan untuk periode yang sangat menyakitkan.

Penyebab


Nyeri, termasuk nyeri punggung bagian bawah, selama menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor berbeda. American College of Obstetricians dan Gynecologists mencatat bahwa dismenore adalah gangguan menstruasi yang paling sering dilaporkan. Sekitar setengah dari orang yang menstruasi mengalami rasa sakit selama setidaknya satu atau dua hari per siklus menstruasi.

Jenis nyeri haid

 

  • Dismenore primer
    Dismenore primer disebabkan oleh kram. Biasanya orang-orang dengan dismenore primer mengalami nyeri ketika mereka pertama kali mulai menstruasi.

    Selama menstruasi, rahim berkontraksi untuk melepaskan jaringan di lapisan rahim. Prostaglandin, yang merupakan pembawa pesan kimia seperti hormon, menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi lebih banyak.

    Peningkatan kadar prostaglandin menyebabkan lebih banyak sumber rasa sakit. Kontraksi ini dapat menyebabkan kram perut. Selain kram perut, mungkin ada rasa sakit di punggung bawah yang menjalar ke bawah kaki.
  • Dismenore sekunder
    Dismenorea sekunder sering dimulai di kemudian hari. Rasa sakit disebabkan atau diperburuk oleh masalah fisik selain kram.

    Yang mengatakan, prostaglandin masih bisa berperan dalam meningkatkan tingkat rasa sakit mereka dengan dismenore sekunder. Endometriosis, misalnya, sering menyebabkan nyeri punggung bawah.

Sejumlah kondisi mendasar lainnya yang mempengaruhi perut dan punggung bagian bawah, termasuk:

  • Infeksi
  • Pertumbuhan
  • Fibroid
  • Kondisi lain yang mempengaruhi organ reproduksi

Jika sakit punggung bagian bawah Anda parah, sebaiknya ke dokter untuk menentukan apakah Anda memiliki kondisi yang mendasarinya.

Pertolongan yang dapat dilakukan di rumah

Nyeri punggung bawah bisa sangat menyakitkan bagi banyak orang yang mengalaminya. Untungnya, ada sejumlah pengobatan rumahan yang mengurangi sakit punggung. Obat-obatan ini termasuk:

  1. Pemanas. Menggunakan bantalan pemanas atau botol air panas dapat meredakan rasa sakit. Mandi air panas dan mandi bisa memiliki efek yang sama.
  2. Pijat punggung. Menggosok daerah yang terkena bisa meredakan rasa sakit.
  3. Olahraga. Ini bisa termasuk peregangan ringan, berjalan, atau yoga.
  4. Tidur. Cobalah beristirahat dalam posisi yang meringankan sakit punggung bagian bawah.
  5. Akupunktur. Institut Nasional Gangguan Neurologis dan Stroke telah menemukan bahwa akupunktur dapat cukup efektif untuk mengobati nyeri punggung bawah.
  6. Menghindari alkohol, kafein, dan merokok. Ini dapat memperburuk periode menyakitkan.

Baca Juga: Menstruasi Terjadi Dua Bulan Sekali, Apakah Masih Normal?

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber : www.healthline.com

Digital Dokterid
Aug 06  -  3 min read