Your browser does not support JavaScript!
Belum Resmi Beredar, Tukul Arwana Nekat Pakai Vaksin Nusantara
Belum Resmi Beredar, Tukul Arwana Nekat Pakai Vaksin Nusantara

Vaksin Nusantara yang sempat menuai pro dan kontra akan kembali disuntikkan ke tubuh warga Indonesia, dan kali ini adalah Tukul Arwana. Vaksin Nusantara sendiri merupakan vaksin untuk Covid-19 yang digagas oleh mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Sebelum mendapatkan vaksin Nusantara, komedian tanah air itu menjalani prosedur pengambilan sampel darah pada Selasa (10/5/22). Pengambilan sampel darah tersebut digunakan untuk menjadikan sel dendritik melalui masa inkubasi selama 5 hari.

Kondisi Tukul dikabarkan sehat saat pengambilan sampel darah. Meski demikian, saat ini komedian tersebut hanya bisa berjalan menggunakan kursi roda yang disebabkan oleh pendarahan otak yang dialaminya. Dirinya dikabarkan akan mendapatkan vaksin Nusantara pada pekan mendatang.

Melansir laman Lifepack, vaksin Nusantara merupakan vaksin yang terbuat dengan menggunakan pendekatan sel dendritik. Dalam vaksin ini, tekandung virus covid yang telah dinonaktifkan. Berbeda dari vaksin covid lainnya, vaksin ini tidak mengandung komponen virus yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Vaksin Nusantara gagasan Terawan ini nyatanya belum melewati seluruh uji klinis yang diperlukan untuk meredarkan vaksin kepada masyarakat luas.

Vaksin Nusantara ajaib?

Meski vaksin Nusantara merupakan vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari jangkauan virus, Covid-19, namun nyatanya vaksin ini memberikan dampak lain untuk tubuh.

Beberapa waktu lalu, sempat viral seorang gadis berusia 13 tahun yang dapat berjalan kembali usai menerima vaksin Nusantara oleh Terawan. Gadis bernama Vanessa itu diketahui sempat mengalami Demam Berdarah Dengue serta peradangan usai terpapar Covid-19.

Memiliki kondisi yang amat lemah, membuat Vanessa tak mampu bertumpu pada kedua kakinya dan mengharuskan dirinya menggunakan kursi roda untuk berjalan. Dalam kondisi yang sempat dialaminya, dr Terawan menganggap gadis tersebut mengidap autoimun.

"Dia keluar dari RS tidak dapat pengobatan apa-apa langsung suntik vaksin Nusantara. Saya percaya itu karena vaksin Nusantara," kata paman pasien dikutip dari Detik.

Merasa terbantu oleh dr Terawan, keluarga pasien berterimakasih dan memberikan Terawan bunga. "Tuhan yang berkati, Tuhan yang tolong Vanessa. Pakde hanya nyuntik, yang menyembuhkan Tuhan," respon Terawan dikutip dari CNN Indonesia.

Belum diketahui tujuan host Bukan Empat Mata tersebut nekat untuk mendapatkan vaksin yang belum resmi beredar itu.

 

Digital Dokterid
May 11  -  2 min read