Your browser does not support JavaScript!
Belanja Bikin Bahagia Lho!
Belanja Bikin Bahagia Lho!

Wanita dan hobi berbelanja seakan menjadi hal yang sangat dekat. Wanita selalu diidentikkan dengan hobi berbelanjanya. Berbelanja ternyata mempunyai efek membahagiakan.M enurut peneliti di University of Michigan, berbelanja justru bisa menjadi terapi yang menghilangkan stres seseorang dan membuat mereka lebih bahagia

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa berbelanja atau membeli barang memang bisa menurunkan rasa sedih dan stres. Orang diketahui merasa tiga kali lebih berbahagia ketika mereka membeli barang baru. Uniknya, ini tak hanya berlaku pada wanita tetapi juga pria!

Peneliti mengklaim bahwa membeli barang baru memberikan seseorang perasaan yang baik karena mereka merasa menguasai keadaan dan lingkungan mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membeli sesuatu lebih efektif hingga 40 kali lipat untuk membuat orang berbahagia dibandingkan dengan hanya melihat-lihat. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Psychology and Marketing di Amerika Serikat, ternyata orang yang berbelanja saat kondisi mood sedang buruk (marah, sedih, kesal, dll), biasanya berbelanja lebih banyak. 62% mengaku membeli banyak barang untuk menghibur diri, 28% berbelanja untuk merayakan suatu kesuksesan.

Yang mengejutkan adalah, menurut penelitian ini, "Terapi retail sangat besar manfaatnya dalam memperbaiki suasana hati, dan tidak menimbulkan penyesalan maupun rasa bersalah." Dari ratusan responden yang mengaku sengaja berbelanja banyak barang hanya untuk menghibur diri, hanya satu yang merasa menyesal telah mengeluarkan banyak uang.

Peneliti Selin Atalay and Margaret Meloy menyebutkan, "Membeli barang untuk menghibur diri sendiri ternyata memiliki konsekuensi positif, yaitu membuat orang tersebut merasa lebih baik."

Kita semua pasti pernah mengalaminya sendiri. Membeli barang yang sebenarnya tak diperlukan, hanya untuk membuat mood jadi lebih baik. Terkadang rasanya menyenangkan bisa menghadiahi diri sendiri, dan memang suasana hati bisa berubah dari kelam menjadi ceria. Namun ada kalanya berbelanja saat pikiran sedang kusut justru membuat kita tak berpikir panjang dalam menghabiskan uang untuk membeli barang yang sesungguhnya tak kita butuhkan. Tetapi ini juga bukan alasan bagi Anda untuk terus-menerus berbelanja dan menghamburkan uang. Anda juga harus memperhatikan pengeluaran meski berbelanja bisa membuat Anda lebih bahagia.

Sumber: WebMD

Nov 26  -  2 min read