Your browser does not support JavaScript!
Begini Cara Mengatasi Masalah Keuangan Dalam Pernikahan!
Begini Cara Mengatasi Masalah Keuangan dalam Pernikahan!

Masalah keuangan bukan hanya terjadi di dalam kehidupan seorang diri, melainkan di dalam hubungan pernikahan. Faktanya, dalam sebuah riset dari SunTrust mengungkapkan bahwa masalah keuangan kerap menjadi masalah utama yang menyebabkan adanya stres dalam pernikahan. 

Tak hanya buahkan stres dalam pernikahan, sebuah penelitian lain dari Institute of Divorce Financial Analysis mengungkapkan bahwa masalah keuangan menjadi alasan tertinggi dengan urutan ketiga dari adanya kasus perceraian. 

Tiap masalah pasti memiliki cara untuk mengatasinya, begitu pula dengan masalah keuangan dalam pernikahan. Bila tak diatasi dengan baik, permasalahan keuangan dalam pernikahan dapat menyebabkan perpecahan dalam rumah tangga. 

5 Tips mengatasi stres keuangan dalam pernikahan

  • Buat anggaran prioritas
    Dalam pernikahan, kamu tidak hanya harus memprioritaskan prioritas diri sendiri, melainkan pasanganmu juga. Kamu harus menyepakati prioritas paling utama untuk bersama.

    Kamu bisa membuat daftar akan hal-hal yang diprioritaskan dan sepakati bersama. 
  • Bicarakan dan tentukan tujuan bersama 
    Setiap pasangan memiliki goal atau tujuan mereka masing-masing, untuk itu ada baiknya untuk membicarakan dengan pasangan kamu akan goal tersebut dan menetapkannya.

    Tak hanya mampu mengatasi stres keuangan dalam pernikahan, hal ini juga dapat mempererat pernikahan kamu dan pasangan. Bicarakan segalanya secara terus terang, hindari menyimpan rahasia seorang diri. 

  • Jangan saling menyalahkan 
    Sikap menyalahkan merupakan hal yang kerap dilakukan oleh pasangan ketika sedang dihujani oleh masalah, namun hal ini justru bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan.

    Ada baiknya untuk tidak menambahkan masalah kepada masalah yang telah ada. Jangan pula juga kamu menyalahkan diri sendiri atas suatu masalah yang terjadi di antara kamu dan pasangan kamu. Baiknya, kamu membicarakannya dan mencari jalan tengah dari suatu permasalahan, termasuk masalah keuangan. 

  • Belajar berkompromi
    Dalam mengatasi stres keuangan dalam pernikahan, ada baiknya melakukan kerjasama dengan pasangan. Kamu mungkin akan melewati banyak ketidaksamaan dalam bekerjasama, namun kamu juga harus bisa dan berani untuk melakukan kompromi, guna mengurangi pengeluaran serta menjaga kekokohan pada pernikahan. 

  • Minta bantuan 
    Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain ketika kamu sedang kesulitan, begitupun dengan adanya masalah keuangan dalam pernikahan. Kamu bisa meminta bantuan dari kerabat terdekat, ataupun sanak saudara apabila permasalah tersebut dapat merenggut pernikahan kamu apabila tidak segera diselesaikan. 

Kamu punya masalah seputar relationship? Tanyakan langsung ke expert kami melalui layanan Telekonsultasi sekarang!

Digital Dokterid
Oct 26  -  3 min read