Your browser does not support JavaScript!
Baru Putus Cinta ? Lakukan 6 Hal Berikut Sebagai Obat Anti Galau!
Baru Putus Cinta ? Lakukan 6 Hal Berikut Sebagai Obat Anti Galau!

Jika Anda akan mengalami putus cinta, maka Anda akan mengalami perasaan emosi yang bercampur aduk. Anda mungkin akan merasa sedih, merasa kesal dan bingung apa yang harus dilakukan. Bertanya-tanya mengapa ini semua harus terjadi danmembuat Anda merasa semakin galau merana.

Oke, hal ini memang bisa dialami siapa saja. Anda boleh menangis sepuasnya, meluapkan semua perasaan namun ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan karena justru akan membuat Anda semakin tersiksa.

Berikut Adalah Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Putus:

1.      Jangan Memikirkan Masa Lalu

Jika Anda baru saja putus dengan pasangan Anda, Anda harus meninggalkan apa pun terjadi antara Anda berdua di masa lalu. Anda mungkin ingin memutar ulang hubungan Anda dengannya dan terus berpikir apa yang salah dengan Anda. Hal ini memang wajar bila Anda alami, namun bila Anda terus berpikir tentang masa lalu bahkan ingin kembali ke masa lalu dimana Anda masih bersama dengannya. Hal ini akan membuat Anda merasa sakit, terluka dan timbul penyesalan. Daripada Anda terus seperti itu yang harus Anda lakukan adalah menerima kenyataan dari situasi perpisahan, berdamai dengan apa yang terjadi dan menempatkan fokus Anda pada masa depan bukan masa lalu.

2.      Jangan Pernah Stalking Mantan di Media Sosial

Walaupun hal ini mungkin tampak sangat menggoda dan menarik, Anda tidak harus mengikuti jejak mantan Anda di media sosialnya. Anda tidak perlu unfriend mantan Anda, cukup unfollow saja, dengan begitu Anda tidak bisa melihat aktivitas yang dilakukan oleh mantan Anda. Karena bila Anda terus melihat fotonya, mengetahui aktivitasnya hanya akan membuat Anda terus teringat kepadanya. Padahal Anda harus melupakannya bukan? Jadi, dibanding terpukau dengan kehidupan mantan Anda, jauh lebih baik Anda gunakan waktu dan energi untuk memperbaiki kehidupan Anda sendiri.

3.      Jangan Melewati Ini Sendirian

Ketika Anda sedang berhadapan dengan perpisahan, maka penting untuk bersandar pada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan. Dibandingkan Anda menutup diri dan merasakan kekecewaan lebih baik Anda mendekatkan diri dengan orang-orang terdekat Anda. Mereka akan hadir untuk memberikan suasana bahagia dan membantu Anda melupakan sang mantan.

4.      Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang yang sedang putus adalah sering menyalahkan diri sendiri. Mungkin Anda juga mengalaminya, dimana Anda menjadi terlalu keras kepada diri sendiri dan  menganggap bahwa perpisahan yang terjadi antara Anda dan sang mantan. Kondisi ini akan membuat Anda menjadi rendah diri, menurunkan harga diri dan membuat Anda semakin merana.

5.      Jangan Hubungi Mantan

Meski Anda merindukannya setengah mati, jangan pernah berusaha untuk menghubunginya. Apabila Anda melakukan hal ini maka akan membuat Anda sulit move on. Terlebih bila mantan Anda tidak mau menerima telepon Anda dan tidak membalas pesan Anda maka hal ini akan membuat Anda semakin tertekan.

6.      Jangan Kehilangan Harapan

Sakit hati karena putus cinta adalah hal yang wajar. Namun jangan pernah berpikir Anda tidak akan menemukan pasangan yang baru. Ini adalah saatnya untuk membersihkan diri dari pikiran-pikiran negatif dan mengakui bahwa perpisahan tidak berarti bahwa Anda ditakdirkan untuk menyendiri selamanya namun sebaliknya justru Anda akan bertemu dengan orang yang lebih baik. Anda harus menggunakan perpisahan ini sebagai kesempatan untuk mencari tahu apa yang Anda inginkan dari pasangan, kualitas yang dimiliki, nilai-nilai dan karakteristik yang penting bagi Anda. Biarkan perpisahan ini berfungsi sebagai pengalaman belajar dan batu loncatan menuju hubungan yang lebih baik dan lebih cerah dengan seseorang yang baru di masa depan.

Semua hal diatas adalah hal yang tidak boleh Anda lakukan saat Anda baru mengalami putus cinta agar kehidupan Anda menjadi lebih baik dan terhindar dari perasaan galau yang merana.

Baca juga: Waspada Ladies!

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: about

Dipo Hartono
Jul 18  -  4 min read