Your browser does not support JavaScript!
Baru! Buah Pisang Terdeteksi Positif Covid-19 Di China
Baru! Buah Pisang Terdeteksi Positif Covid-19 di China

Beijing dikabarkan menutup dua kios buah di dua pasar usai terdeteksinya positif Covid-19 pada sekumpulan buah pisang. Kedua pasar makanan tersebut masing-masing terletak di Pasar Baliqiao distrik Tongzhou dan Pasar Shimen distrik Shunyi.

Melansir Global Times, paket dan lingkungan gudang pisang dari area grosir di Pasar Baliqiao pertama kali dinyatakan positif Covid-19 pada hari Selasa dan Rabu, kata wakil kepala pemerintah distrik Tongzhou, Dong Minghui pada konferensi pers hari Kamis. Meski demikian, tidak ada detail lebih terkait darimana pisang tersebut berasal.

Di antara 8.761 sampel lingkungan yang dikumpulkan di Pasar Baliqiao, 57 di antaranya dinyatakan positif. Sampel positif berasal dari tiga gudang, satu toko kelontong di pasar dan truk pengangkut. Sementara itu, Dong mengatakan bahwa semua produk yang ditempatkan di gudang yang sama telah disegel dan disinfeksi secara menyeluruh di pasar.

Berdasarkan Dong, sebanyak 23 kontak erat dan 15 orang yang memiliki risiko tinggi dari pasar Baliqiao kini dikarantina. Area grosir pisang di Pasar Baliqiao diberi label sebagai area yang dikendalikan sementara untuk epidemi.

"Batch pisang yang sama pernah disimpan di Pasar Shimen distrik Shunyi, di tempat Covid-19 juga terdeteksi dari 40 sampel lingkungan", ungkap Feng Jiangquan dari pemerintah distrik Shunyi.

Sebanyak 35 orang diklasifikasikan sebagai kontak erat dan 639 orang yang bekerja di bagian perdagangan buah terkait epidemi di Pasar Shimen dikarantina.

Liu Xiaofeng dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Beijing memperingatkan penduduk untuk meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap Covid-19 dan menyarankan penduduk untuk membeli buah-buahan dari pasar yang disetujui dan memeriksa informasi buah-buahan dengan memindai menelusuri kode QR.

 

Digital Dokterid
Apr 04  -  2 min read