Your browser does not support JavaScript!
Bagaimana Cara Menjaga Metabolisme Tubuh ?
Bagaimana Cara Menjaga Metabolisme Tubuh ?

Sobat tentu tahu pasti mengenai pentingnya metabolisme tubuh kita untuk menjaga kesehatan dan aktivitas kita. Metabolisme adalah seperti mesin mobil yang memastikan terjadinya pembakaran sempurna sehingga mobil bisa melaju dengan cepat. Namun seperti halnya mobil, metabolisme ini bisa menurun yang justru akan menghalangi aktivitas kita.

Artikel kita kali ini akan membahas bagaimana menjaga metabolisme tubuh kita. Metabolisme diperlukan untuk membakar kalori yang diubah menjadi energi bagi tubuh kita. Kecepatan metabolisme kita dipengaruhi beberapa faktor seperti usia karena semakin bertambahnya usia maka metabolisme cenderung menurun. Selain itu juga faktor jenis kelamin, lemak tubuh, masa otot, tingkat aktifitas dan juga faktor genetik. Untuk yang terakhir yaitu faktor genetik kita tidak bisa mengendalikannya.

1.         Makan secara teratur

Tubuh manusia ternyata bergantung kepada keseimbangan dan keteraturan. Makan pada waktu tertentu secara teratur membantu menjaga keseimbangan metabolisme. Makan secara tidak teratur misalnya makan banyak sekaligus kemudian tidak makan sampai waktu yang lama, justru membuat pembakaran lebih lambat. Akibatnya tumbuh akan menyimpan lebih banyak lemak.

2.         Makan cukup kalori

            Mungkin sebagian orang berpikir dengan makan sedikit atau bahkan melewatkan makanan bisa mempercepat metabolisme sehingga berat badan bisa turun. Ternyata tidak sedemikian sobat sehat. Makan terlalu sedikit kalori justru membuat tubuh menghemat energy sehingga metabolisme menjadi lambat.

Sobat perlu ketahui bahwa wanita dewasa membutuhkan antara 1.600 dan 2.400 kalori per hari, tergantung pada tingkat aktivitas fisik mereka, dan pria membutuhkan antara 2.000 dan 3.000.

3.         Minum teh hijau

            Sekalipun belum ada studi yang membuktikan secara pasti, namun beberapa penelitian menunjukan bahwa ekstrak teh hijau bisa berperan untuk mendorong terjadinya metabolisme untuk membakar lemak. Jadi minum 1-2 cangkir sehari bisa menjadi bantuan untuk mendapatkan diet yang seimbang.

4.         Melakukan latihan beban

            Latihan beban bertujuan untuk melatih kekuatan agar otot bisa terbentuk atau terbangun. Massa otot lebih banyak membutuhkan energi sehingga tingkat metabolismenya lebih tinggi. Nah, dengan bertambahnya usia seseorang massa ototnya semakin berkurang. Oleh sebab itu latihan ketahanan yang di dalamnya melakukan latihan mengangkat beban diperlukan untuk menjaga massa otot ini.

5.         Minum air yang cukup

            Menjaga tubuh kita tidak kekurangan cairan merupakan hal yang penting agar organ tubuh kita berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan karena air diperlukan agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan optimal sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Suatu penelitian menemukan bahwa dengan menambahkan 1,5 liter air dari jumlah air yang biasa kita konsumsi setiap hari bisa menurunkan indek massa tubuh, khususnya wanita dengan kelebihan berat badan pada rentang usia 18-23 tahun.

6.         Kurangi stress

            Banyak hal bisa membuat kita merasa tertekan atau stress bahkan urusan berat badan pun bisa bikin stress. Nah celakanya justru stress menyebabkan tubuh kita memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Hormon ini yang membantu mengatur nafsu makan kita.

Pada tahun 2011 para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengalami gangguan makan ternyata tingkat hormone kortisolnya tidak normal. Ada yang stress susah makan, ada juga yang malah larinya ke makan sehingga makan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur sehingga mengganggu metabolisme.

7.         Cukup tidur atau istirahat

            Stress itu juga berkaitan dengan kualitas tidur. Selain itu kalau kita kurang tidur maka justru kita merasa lapar ini disebabkan karena tubuh melepaskan hormon ghrelin lebih banyak.

Tidur yang cukup membantu keseimbangan hormon kita karena ada juga hormon liptin yang memberikan rasa kenyang. Ketika ada keseimbangan ini maka kita akan dicegah untuk makan berlebihan. Jadi tidurlah yang cukup. Menurut penelitian orang dewasa membutuhkan setidaknya 7-8 jam per malam.

8.         Cukup konsumsi vitamin B

            Vitamin B memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh kita. Vitamin B yang penting dan utama seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B6 (piridoksin). Nah, makanan yang banyak mengandung vitamin B ini diantaranya: pisang, kentang panggang, telur, jus jeruk, kacang polong, bayam, makanan gandum.

 

Kiranya sobat sehat bisa terus menjaga metabolismenya agar tetap dalam performa prima untuk terus berkarya. Jika memang sobat masih mengalami masalah metabolisme ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diet dan latihan yang tepat. Salam sehat dan tetap semangat.

 

Sumber : www.medicalnewstoday.com

Oct 18  -  5 min read