Your browser does not support JavaScript!
Apakah Penyakit Menular Seksual Sebabkan Kanker Prostat?
Apakah Penyakit Menular Seksual Sebabkan Kanker Prostat?

Sebuah penelitian menemukan bahwa suatu penyakit menular seksual, trikomoniasis berhubungan dengan kanker prostat. Trikomoniasis disebabkan oleh infeksi parasit Trichomonas vaginalis. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 70% penderita trikomoniasis tidak mengetahui bahwa mereka menderita penyakit ini karena tidak adanya gejala.

 

Para peneliti di Amerika dan Italia menemukan bahwa parasit ini menghasilkan suatu protein yang dapat memicu terjadinya proses peradangan (inflamasi) di dalam prostat dan memicu pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Sebuah penelitian lain di tahun 2009 menemukan bahwa pria yang memiliki antibodi terhadap Trichomonas vaginalis memiliki resiko kanker prostat agresif (kanker yang menyebar di luar prostat) 2 kali lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki antibodi terhadap parasit ini.

 

Kedua penelitian ini menemukan bahwa infeksi parasit ini mungkin menyebabkan terjadinya inflamasi dan proliferasi sel, yang memicu terjadinya kanker prostat. Infeksi trikomoniasis ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotika. Akan tetapi, karena tidak adanya gejala, maka penderita pun seringkali tidak menyadari dirinya telah terinfeksi. Beberapa pria yang mengalami infeksi trikomoniasis merasa gatal atau mengalami iritasi di bagian dalam penis, adanya rasa seperti terbakar setelah buang air kecil atau ejakulasi, dan keluarnya cairan dari dalam penis. Wanita yang mengalami infeksi trikomoniasis mengalami rasa gatal pada kemaluan, rasa terbakar atau tidak nyaman setelah buang air kecil, kemaluan tampak kemerahan, adanya luka pada kemaluan, atau keluarnya cairan dari vagina.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: newsmaxhealth

Dipo Hartono
Jan 07  -  2 min read