Your browser does not support JavaScript!
Apakah Aman Mengkonsumsi Air Kelapa Saat Hamil?
Apakah Aman Mengkonsumsi Air Kelapa Saat Hamil?

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Lalu, apakah manfaat ini juga boleh dinikmati oleh para ibu hamil?

 

Amankah Mengkonsumsi Air Kelapa Saat Hamil?

Jawabannya adalah ya. Air kelapa aman dikonsumsi saat hamil, tetapi dalam jumlah sedang. Mengkonsumsi air kelapa pada trimester pertama kehamilan dapat membantu mengatasi dehidrasi akibat morning sickness. Air kelapa juga dapat membantu mengatasi heartburn dan sembelit, yang sering ditemukan pada wanita hamil.

Anda dapat mengkonsumsi air kelapa kapan pun, tetapi waktu terbaik adalah di pagi hari. Hal ini dikarenakan elektrolit dan nutrisi di dalam air kelapa akan lebih mudah terserap bila lambung Anda kosong.

Kandungan nutrisi di dalam 250 ml air kelapa adalah:

  • Mengandung sekitar 46 kalori
  • Mengandung sekitar 252 mg natrium
  • Mengandung sekitar 600 mg kalium
  • Mengandung sekitar 8.9 gram karbohidrat
  • Mengandung sekitar 2.6 gram serat
  • Mengandung sekitar 6.26 gram gula
  • Mengandung kalsium

 

Baca juga: 10 Mitos Mengenai Kehamilan

 

Apakah Ada Efek Samping Mengkonsumsi Air Kelapa Saat Hamil?

Hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa air kelapa akan menimbulkan efek samping pada kehamilan. Seperti halnya sari buah lainnya, air kelapa tampaknya cukup aman.

Akan tetapi ada 2 hal yang perlu Anda ingat yaitu bahwa air kelapa juga mengandung natrium, yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil yang mengalami preeklampsia dan air kelapa tua dapat menyebabkan sembelit.

 

Berapa Banyak Air Kelapa yang Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil?

Mengkonsumsi segala sesuatu dengan jumlah sedang merupaakn kunci diet sehat. Anda boleh mengkonsumsi segelas air kepala setiap harinya. Minum air kelapa segera setelah dibuka karena air kelapa segar mengandung lebih banyak nutrisi.

Pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kalengan atau botolan. Dan jangan mengkonsumsi air kelapa bila Anda mengalami suatu reaksi alergi atau tidak menyukai rasanya.

 

Bagaimana Cara Memilih Kelapa yang Tepat?

Air kelapa segar biasanya akan terasa ringan dan manis dan tidak mengandung banyak "daging" kelapa. Air kelapa tua atau basi akan terasa asam. Pilihlah air kelapa hijau karena mengandung lebih banyak air.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Nov 06  -  3 min read