Your browser does not support JavaScript!
Apa Yang Harus Dikonsumsi Sebelum Olahraga Agar Tidak Nyeri Otot?
Apa yang Harus Dikonsumsi SEBELUM Olahraga Agar Tidak Nyeri Otot?

Walaupun nyeri otot tidak akan membahayakan jiwa Anda, akan tetapi nyeri otot ini tentu saja dapat memperlambat berbagai aktivitas Anda. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebelum mulai berolahraga untuk meminimalisasi rasa nyeri yang akan timbul setelah berolahraga.

Dianjurkan agar Anda melakukan beberapa hal di bawah ini 30-60 menit sebelum mulai berolahraga untuk memperlambat timbulnya rasa lelah saat berolahraga dan meningkatkan kekuatan otot, serta melindungi Anda dari terjadinya stress oksidatif.

 

Ubiquinol (CoQ10)

Sebuah penelitian di Eropa menemukan bahwa ubiquinol dapat menghambat terjadinya proses inflamasi (radang) yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan otot. Selain itu, ubiquinol juga dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif di dalam tubuh dengan cara menyingkirkan berbagai radikal bebas di dalam tubuh.

 

Vitamin C

Sebuah penelitian di Arizona State University menemukan bahwa memberikan suplemen vitamin C pada orang yang memiliki kadar vitamin C pada ambang batas dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berolahraga dengan cara mengurangi rasa lelah dan lesu yang timbul karena kekurangan vitamin C.

 

Asam Amino Rantai Cabang

Mengkonsumsi asam amino rantai cabang sebelum olahraga dapat membantu meningkatkan performa saat berolahraga dan mengurangi terjadinya kerusakan otot.

 

Ketiga hal di atas sebenarnya merupakan nutrisi yang dapat ditemukan di dalam makanan. Ubiquinol dapat ditemukan pada daging, daging unggas, dan ikan. Sementara itu, vitamin C banyak ditemukan pada berbagai jenis buah golongan sitrus (jeruk), cabai, dan kiwi. Asam amino rantai cabang dapat ditemukan pada daging, telur, dan bahkan susu.

 

Sumber:  sheknows

Editor Dokter.id
Mar 27  -  2 min read