Your browser does not support JavaScript!
Anda Seorang Perokok? Waspadai Bahaya Yang Terjadi
Anda Seorang Perokok? Waspadai Bahaya Yang Terjadi

Anda sering mendengar bahwa merokok berbahaya bagi tubuh Anda. Saat Anda menyalakan rokok Anda, maka rokok akan terbakar dalam suhu 70 ° C pada ujung rokok dan 60 ° C di bagian tengah rokok. Panas ini akan merubah tembakau menjadi berbagai bahan beracun yang akan dihirup ke dalam tubuh bersama dengan asap.

Kandungan dalam rokok yang paling merusak tubuh adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

Nikotin dan karbon monoksida dalam rokok akan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga merusak jantung dan pembuluh darah. Hal ini merupakan faktor risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Aliran darah melambat, menghalangi pasokan oksigen ke kaki dan tangan dan membuat seseorang rentan terhadap risiko terjadinya tromboflebitis (peradangan dan pembekuan dalam pembuluh darah, paling sering terjadi didaerah kaki dan lengan). Apabila tidak diobati, banyak perokok berakhir dengan kaki yang harus diamputasi.

Seorang perokok biasanya menghirup secara dalam-dalam dan menahan asap dalam jangka waktu yang lama dalam paru-paru mereka sehingga menyebabkan tar akan berada lebih dalam di paru. Karbonmonoksida akan mengganggu peredaran oksigen dalam otot, otak dan jaringan tubuh sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Seiring dengan waktu saluran pernapasan akan membengkak dan membuat aliran udara ke paru-paru menjadi lebih rendah.

Sumber: medindia

Editor Dokter.id
Jan 20  -  2 min read