Your browser does not support JavaScript!
Amankah Masturbasi Saat Hamil?
Amankah Masturbasi Saat Hamil?

Apakah wanita hamil aman melakukan masturbasi? "Masturbasi saat hamil sangatlah aman," ujar Dr. Sarah Bjorkman, MD, Board-Certified OB/GYN, dilansir dari Motherly.

Masturbasi yang dilakukan wanita hamil adalah hal normal dan menyehatkan. Menurut Dr. Bjorkman, wanita hamil tidak akan melukai bayi dalam kandungan ketika masturbasi.

Sejumlah orang memang menilai masturbasi dalam kondisi hamil berisiko mengakibatkan kontraksi dini. Namun pada wanita hamil dengan risiko rendah, sebuah meta-analisa menyebutkan tidak terjadi risiko yang membahayakan dari hubungan seksual dan orgasme.

Meski begitu, wanita hamil yang punya risiko tinggi seperti serviks lemah, pendarahan vaginal atau sebelumnya persalinan prematur, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Bagaimana masturbasi dengan menggunakan sex toys?

"Sex toys aman digunakan oleh sebagian besar pasien," kata Dr. Bjorkman. Namun, bila posisi plasenta kamu tidak normal, ada perdarahan vagina, ketuban pecah atau pernah persalinan prematur, sebaiknya hindari menempatkan sex toys di dalam vagina.

Dalam kondisi sehat dan risiko rendah, penggunaan sex toys harus dalam keadaan bersih sebelum dipakai.

Masturbasi saat hamil juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Bjorkman, wanita hamil yang melakukan masturbasi dapat menjadi cara yang baik untuk melepas stres dan anxiety.

Pasalnya, ketika masturbasi hingga mengalami orgasme, tubuh akan melepas hormon oksitosin, dopamin, endorphin, serotonin, dan prolaktin yang dapat meningkatkan mood. 

 

Konsultasikan masalah hubungan seksual kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Jan 10  -  2 min read