Your browser does not support JavaScript!
Alasan Terjadi Dehidrasi Saat Olahraga
Alasan Terjadi Dehidrasi Saat Olahraga

Apakah Anda sering berolahraga? Mungkin Anda bertanya-tanya apakah olahraga berlebihan dapat membuat terjadi dehidrasi. Saat Anda melakukan olahraga kemudian banyak keringat, maka hal ini akan memudahkan terjadinya dehidrasi.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi banyaknya terbentuk keringat:

  • Jenis kelamin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Osaka International dan Kobe University di Jepang menemuakan bahwa pria berkeringat lebih banyak daripada wanita selama berolahraga.

  • Metabolisme tubuh

Kecepatan metabolisme tiap individu berbeda-beda yang akan mempengaruhi sejumlah panas yang diproduksi tubuh. Selain itu tergantung aktivitas yang dilakukan

  • Genetik

Genetik juga mempengaruhi jumlah keringat yang akan diproduksi

  • Suhu dan kelembaban lingkungan

Apabila Anda melakukan olahraga saat suhu panas, siang hari, ditambah menggunakan jaket akan membuat suhu tubuh meningkat dan keringat akan keluar untuk mendinginkannya.

  • Aktivitas fisik

Semakin berat aktivitas maka keringat yang dihasilkan akan semakin banyak. Hal ini berhubungan intensitas olahraga yang Anda lakukan. Jenis olahraga yang dilakukan

  • Penyakit dan penggunaan obat-obatan tertentu

Hipertiroid. Gangguan fungsi kelenjar tiroid juga menyebabkan penderitanya berkeringat berlebihan. Obat-obatan tertentu seperti aspirin, asetaminofen, morfin dan beberapa jenis obat lain bisa menyebabkan keringat berlebihan.

 

Dengan begini Anda mengetahui apabila Anda melakukan olahraga dan dalam keadaan seperti diatas berarti Anda harus minum air yang cukup untuk menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh.

 

Sumber: duniafitnes

Eko Siswanto
Feb 16  -  2 min read