Your browser does not support JavaScript!
9 Fakta Seputar Menstrual Cup Yang Kian Jadi Tren
9 Fakta Seputar Menstrual Cup yang Kian Jadi Tren

Tren penggunaan menstrual cup di Indonesia kian meningkat. Alat higienis wanita yang dipakai di vagina saat menstruasi ini dinilai ramah lingkungan.

Sebagaimana dilansir dari Healthline, bentuk menstrual cup seperti corong minyak. Ukurannya kecil dan terbuat dari silikon yang berbahan aman untuk tubuh.

Dokter Darrell Fernando, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Mayapada Hospital Kuningan (MHKN), mengatakan, dalam pertimbangan medis, menstrual cup aman digunakan dan minim efek samping.

Menstrual cup yang terbuat dari bahan fleksibel itu bisa menampung darah menstruasi kurang lebih sama efektifnya dengan pembalut sekali pakai.

Berikut fakta lain seputar menstrual cup.

  • Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal medis The Lancet tahun 2019 menunjukkan 72 persen perempuan yang mencoba menggunakan menstrual cup memutuskan melanjutkan penggunaannya.

  • Pengalaman pertama memakai menstrual cup mungkin menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun, semakin sering penggunaan, akan menimbulkan rasa nyaman.

  • Penggunaan menstrual cup akan mengurangi sampah pembalut di Indonesia. Data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), pembalut bisa menyumbangkan sampah hingga 1,4 miliar buah di Indonesia.

  • Menurut informasi yang dikutip dari Healthline, biasanya menstrual cup kecil direkomendasikan untuk perempuan berusia di bawah 30 tahun dan belum melahirkan secara normal.

  • Menstrual cup punya daya tampung darah yang dapat mencapai 30 mililiter, normalnya dalam sehari darah menstruasi berkisar 15 - 25 mililiter.

  • Sebuah studi 2011, seperti dilaporkan CNN, mengungkapkan bahwa pengguna menstrual cup mungkin memiliki masalah iritasi vagina. 

  • Pada perempuan yang sering mengalami pendarahan, flek terus menerus, atau keluar flek saat berhubungan seksual, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kandungan sebelum menggunakan menstrual cup.

  • Dokter Darrell Fernando, Sp.OG menyebut perempuan yang memiliki masalah infeksi seperti keputihan harus konsultasi ke dokter sebelum memakai menstrual cup. 

  • Harga menstrual cup berkisar mulai dari 100 ribuan.

Kamu mengalami masalah seputar kandungan atau ingin berkonsultasi secara online dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan? Konsultasikan melalui layanan Telekonsultasi sekarang!

Digital Dokterid
Mar 23  -  3 min read