Your browser does not support JavaScript!
7 Manfaat Pijatan Untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Pijatan Untuk Kesehatan Tubuh

Sampai saat ini mungkin Anda berpikir bahwa pijat hanya memiliki satu manfaat saja yaitu membuat tubuh Anda terasa lebih rileks. Padahal pijat mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari pijat untuk kesehatan Anda.

 

1.  Meningkatkan sirkulasi darah
Sebuah pijatan dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu jantung dalam memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak oksigen dan nutrisi penting yang disalurkan ke organ vital dan jaringan lain.

2.  Meredakan stress
Pijat dapat menjadi pilihan terbaik untuk meredakan stress. Menurut penelitian, kortisol yang merupakan hormon penyebab stress dapat mengalami penurunan setelah menjalani sesi pemijatan.

3.  Meningkatkan imunitas
Seperti yang disebutkan diatas, hormon penyebab stress (kortisol) akan mengalami penurunan setelah Anda melakukan pemijatan. Kortisol ini juga bertanggung jawab dalam rusaknya sel imunitas. Dengan menurunkan kadar kortisol maka sistem imunitas tubuh dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan juga dengan pemijatan dapat meningkatkan sel darah putih yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4.  Mengatur tekanan darah
Pemijatan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena pemijatan membantu menstimulasi sel-sel pengatur tekanan darah pada otak sehingga dapat mengatur tekanan darah dengan lebih baik.

5.  Mengurangi nyeri
Tujuan utama dari pemijatan adalah untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan dan membuat tubuh terasa lebih tenang. Dengan pemijatan yang baik Anda dapat menghilangkan berbagai nyeri misalnya saja kram perut, nyeri karena penggunaan otot secara perlebihna, spasme otot. Selain itu pijat juga dapat meredakan nyeri sendi dan meningkatkan fleksibilitas sendi. Dengan pemijatan dapat melepaskan hormon endorfin yang merupakan hormon alami yang dapat menghilangkan nyeri dan memberikan rasa tenang pada tubuh.

6.  Meredakan kecemasan dan tekanan
Pemijatan dapat membuat Anda merasa lebih baik. Hal ini terjadi karena proses pemijatan yang baik dapat melepaskan berbagai zat kimia seperti endorfin dan oksitosin yang membuat tubuh terasa lebih tenang dan terbebas dari berbagai tekanan , kecemasan dan depresi.

7.  Sangat membantu pasien radang sendi
Orang pengidap radang sendi arthritis ataupun osteoarthritis dapat meredakan nyeri yang mereka rasakan dengan menjalankan sesi pemijatan. Hal ini terjadi karena dengan pemijatan akan membantu menurunkan kekakuan dari otot, meredakan nyeri dan membuat gerakan sendi lebih baik.

 


Sumber: magforwomen

Jul 28  -  2 min read