Your browser does not support JavaScript!
6 Manfaat Vitamin Dan Mineral Bagi Tubuh
6 Manfaat Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh

Bisa jadi tubuh Anda cukup sensitif dengan perubahan cuaca mendadak yang terjadi beberapa hari terakhir. Ini pula yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit seperti batuk dan pilek. Ketika dihadapkan pada kondisi ini, sebagian besar orang akan memilih untuk menjaga daya tahan tubuhnya dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

 

Ada banyak studi dari berbagai penjuru dunia yang menemukan beragam manfaat vitamin dan mineral bagi kesehatan. Jika Anda ingin mengetahui manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh Anda, sebaiknya Anda simak kumpulan hasil studi dari seluruh penjuru dunia tentang manfaat vitamin dan mineral berikut ini :

1. Turunkan Risiko Kanker

Dalam studi di eropa, seorang peneliti Jerman melaporkan sebanyak lebih dari 23 ribu orang yang mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit apapun sebanyak 42 persen dalam rentang 10 tahun, termasuk menurunkan risiko kanker penyebab kematian sebesar 48 persen.

2. Turunkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah studi yang dilakukan pada 2010 di Harvard University melaporkan bahwa suplementasi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin A, C dan E dapat mencegah seseorang terkena kanker kolon. Studi lain juga melaporkan bahwa seseorang yang mencukupi kebutuhan multivitamin hariannya dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 30 persen.

3. Awet Muda

Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen multivitamin diketahui memiliki telomer yang lebih panjang daripada mereka yang tidak mengasup suplemen multivitamin.

Telomer adalah segmen DNA yang terletak pada ujung kromosom sel eukariot. Fungsi utama telomer adalah melindungi DNA dari kerusakan dan mempertahankan kestabilan kromosom. Adanya perubahan pada telomer berhubungan dengan proses menua (aging) dan karsinogenesis.Telomer ini dipelihara keutuhannya oleh enzim telomerase. Terjadinya proses menua (aging) berhubungan dengan pemendekan telomer.

4. Cegah Kanker Prostat

Penelitian membuktikan mengkonsumsi selenium bersama dengan multivitamin dapat menurunkan risiko kanker prostat sebesar 40 persen.

5. Efektif Cegah Infeksi

Sebuah studi menemukan lebih dari 130 orang dewasa yang mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral dalam setahun secara signifikan dapat mengurangi risiko infeksi seperti infeksi saluran pernapasan, saluran kencing, influensa, hingga infeksi pencernaan. Bahkan mereka juga diketahui jarang jatuh sakit selama setahun ketimbang orang yang hanya mengonsumsi plasebo.

6. Tingkatkan Memori dan Kemampuan Kognitif

Asupan multivitamin juga terbukti mampu meningkatkan fungsi memori sekaligus kemampuan berpikir otak. Hasil ini didapat setelah tim peneliti dari Australia melakukan penelitian pada lebih dari 3 ribu partisipan baik dari kalangan remaja hingga lansia. Para peneliti menemukan bahwa asupan multivitamin pada wanita lanjut usia yang mengalami penurunan fungsi kognitif dapat menaikkan kembali kemampuan berpikir otaknya seperti 4 tahun lebih muda. Sedangkan pada pria lansia diketahui mengalami peningkatan kewaspadaan dan perasaan yang lebih baik (tidak depresi dan stres berkurang) dalam menjalani sisa hidupnya. Hasil serupa juga didapatkan dari pengamatan yang dilakukan pada pelajar. Sebanyak 75 persen Kelompok yang diberi asupan multivitamin menjelang ujian memiliki skor yang lebih baik ketimbang siswa yang hanya diberi plasebo sebelum ujian.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang

Eko Siswanto
Jan 28  -  3 min read