Your browser does not support JavaScript!
5 Rahasia Gigi Putih Cemerlang
5 Rahasia Gigi Putih Cemerlang

Seiring dengan semakin bertambahnya usia Anda, mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu dapat membuat gigi Anda menjadi berwarna kuning atau keabuan. Lalu bagaimana cara gigi tampak bersih dan putih? Simak tipsnya berikut ini:

1.      Pemutih Gigi

Terdapat berbagai jenis pemutih gigi, mulai dari pasta gigi dengan pemutih hingga strip pemutih. Sebagian besar zat penghilang noda ini mengandung sedikit pemutih dan zat abrasif seperti dalam pasta gigi.

Baking soda yang dicampur dengan jus lemon, menggigit makanan seperti apel, pir, dan wortel diduga dapat menjaga gigi anda tetap putih. Strawberi juga diduga mengandung zat yang dapat mengangkat noda dan vitamin C yang dapat mengangkat plak. Permen karet tanpa gula dapat merangsang pengeluaran air liur untuk membersihkan gigi dan menetralisir asam di dalam makanan.

Perlu diingat bahwa semua pemutih gigi yang tersedia hanya berefek pada gigi asli Anda. Jadi berhati-hatilah menggunakannya apabila Anda menggunakan gigi palsu, karena dapat membuat warna gigi Anda tidak seragam.

Menggunakan terlalu banyak pemutih gigi dapat membuat gigi Anda terlihat transparan dan tampak keabuan atau kebiruan. Jadi konsultasilah dahulu dengan dokter gigi sebelum mencoba pemutih gigi.

2.      Jangan Merokok

Salah satu penyebab tersering dan terburuk yang dapat mengubah warna gigi adalah rokok. Gigi dapat berubah menjadi kecoklatan dan kuning, baik dengan merokok atau mengunyah tembakau. Selain itu, mengkonsumsi tembakau juga meningkatkan resiko terjadinya berbagai jenis kanker, bau mulut, dan penyakit gusi lainnya.

3.      Menghindari Minuman Tertentu

Minuman yang paling sering mengubah warna gigi adalah kopi, teh, minuman soda berwarna gelap, dan berbagai jenis jus buah, terutama yang berwarna gelap. Jika suatu makanan atau minuman dapat menodai baju Anda maka makanan dan minuman tersebut juga dapat menodai gigi Anda.

Minuman lainnya yang juga dapat mengubah warna gigi adalah anggur merah, jus cranberry, dan jus anggur. Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi berbagai minuman ini, Anda hanya harus ingat untuk membersihkan mulut dengan berkumur dan menyikat gigi setelah mengkonsumsi berbagai jenis minuman di atas.

Minuman manis dan asam juga tidak baik bagi kesehatan gigi Anda. Minuman asam dapat mengikis lapisan enamel Anda.

4.      Menghindari Makanan Tertentu

Berbagai jenis makanan yang baik bagi kesehatan Anda, tetapi dapat mengubah warna gigi Anda adalah bluberri, blackberry, dan kismis. Bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsinya lagi, Anda hanya harus membersihkan mulut dengan berkumur dan menyikat gigi segera setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

5.      Obat-obatan

Beberapa jenis zat yang dapat mengubah warna gigi Anda adalah:

  • Obat kumur yang mengandung klorheksidin atau setilpiridinium klorida
  • Antibiotika tetrasiklin yang dapat membuat gigi yang masih berkembang menjadi keabuan
  • Obat yang mengandung zat besi
  • Fluride bila digunakan secara berlebihan
  • Beberapa jenis obat anti histamin, anti psikotik, dan anti hipertensi

Berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda menggunakan pemutih gigi apapun dan atau jika berbagai pemutih gigi yang Anda gunakan tidak efektif. Periksakanlah keadaan gigi Anda secara teratur pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

 

Sumber: webmd

 

Oct 23  -  3 min read