Your browser does not support JavaScript!
5 Penyakit Wanita Yang Juga Menyerang Pria
5 Penyakit Wanita yang Juga Menyerang Pria

Perbedaan gen, tingkat hormon, dan lain sebagainya, menyebabkan adanya beberapa penyakit yang lebih banyak menyerang wanita ketimbang pria, ataupun sebaliknya. Meski kerap dikategorikan sebagai penyakit wanita, namun nyatanya beberapa penyakit wanita ini juga dirasakan pria.

  • Kanker payudara
    Hampir seluruh penyintas penyakit kanker payudara berasal dari kaum wanita. Meski demikian, nyatanya pria juga dapat terjangkit penyakit  kanker payudara.

    Dilansir dari laman National Breast Cancer, terdapat setidaknya kurang dari satu persen banyaknya pria yang terkena kanker payudara dan hanya sebanyak satu dari 1000 pria yang pernah terdiagnosis kanker payudara. 

  • Tiroid
    Tiroid merupakan sebuah kelenjar yang biasanya terletak di bagian bawah leher, di tempat terproduksinya hormon yang berguna untuk mengontrol metabolisme tubuh.

    Pada umumnya, tiroid menyerang wanita yang telah melewati masa kehamilan dan menopause. Meski demikian, nyatanya penyakit ini dapat pula menyerang pria.

    Beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh para pria adalah merasa kelelahan, penurunan berat badan, mudah lupa, kulit dan rambut yang kering. 

  • Gangguan makan
    Gangguan makan merupakan sebuah penyakit yang cukup sering melibatkan kaum wanita ketimbang pria. Melansir laman Healthline, hanya ada sekitar 10 hingga 15 persen pria yang memiliki gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia.

    Pria dengan gangguan makan pada umumnya tidak melakukan perawatan terhadap masalah tersebut. Hal tersebut justru dapat membuahkan adanya komplikasi seperti masalah jantung, gagal fungsi organ, hingga kematian. 

  • Lupus
    Sebagian besar orang yang terdiagnosis lupus adalah wanita.  Namun penyakit autoimun ini nyatanya juga dapat menyerang pria. Beberapa gejala yang dirasakan oleh para pria antara lain:

    -  Kelelahan yang berlebihan
    -  Nyeri mulut
    -  Pelemahan otot
    -  Mata sembab
    -  Rambut rontok
  • Depresi
    Wanita memiliki jumlah dua kali lebih banyak untuk terdiagnosis depresi ketimbang pria dan gejala yang mereka rasakan pun dapat berbeda. Banyak pria yang memiliki depresi dan tak terdiagnosis.

    Kebanyakan wanita merasa sedih atau sering menangis sebagai efek dari depresi, sedangkan pria cenderung lebih mudah frustasi, hingga emosi yang tinggi.

    Efek tersebut dapat membuat para pria beralih ke obat-obatan terlarang atau minuman keras untuk mengatasinya. Hal tersebut menjadi salah satu hal yang berbahaya lantaran dapat berujung pada bunuh diri apabila tidak diatasi oleh sang profesional. 

 
Konsultasikan masalah kesehatan bersama dokter melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Nov 12  -  3 min read