Your browser does not support JavaScript!
5 Cara Samarkan Stretch Marks Di Kulit
5 Cara Samarkan Stretch Marks di Kulit

Stretch marks adalah guratan atau goresan putih yang nampak pada kulit. Umumnya stretch marks timbul di area lengan, paha, perut, payudara, ataupun pada area bokong, yang bisa disamarkan (dihilangkan) dengan beberapa cara tradisional.

Meski nampak pada kulit, stretch marks tidak memberikan rasa sakit atau nyeri pada tubuh. Biasanya stretch marks akan muncul pasca melahirkan. Namun demikian, tak menutup kemungkinan bahwa kamu memiliki sebuah stretch marks sekalipun belum pernah melahirkan. 

Apakah stretch marks bisa hilang?

Stretch marks merupakan salah satu goresan di tubuh yang akan bertahan permanen di kulit tubuh. Namun, stretch marks dapat memudar dari waktu ke waktu secara alami. Selain membiarkannya memudar dengan sendirinya, kamu juga bisa bantu menghilangkannya dengan sejumlah cara tradisional. 

Yuk, simak tips menghilangkan stretch marks dari rumah!

  • Lidah Buaya
    Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan nama Aloe Vera merupakan salah satu bahan yang serbaguna, khususnya untuk perawatan kulit. Lidah Buaya diketahui memiliki manfaat dalam melembutkan kulit, termasuk untuk memudarkan bekas stretch marks pada kulit.

    Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya dalam kemasan ataupun gel lidah buaya alami pada bagian stretch marks-mu.

  • Putih Telur
    Putih telur diketahui kaya akan protein yang dapat membantu mempermuda kulit dan membuat kulit terlihat lebih segar nan sehat. Kamu bisa menggunakan putih telur ke area stretch marks dengan menggunakan kuas, lalu diamkan selama beberapa saat sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin.

    Dengan perawatan yang rutin, putih telur dapat membantu kamu untuk menyamarkan bekas stretch marks pada kulit. 

  • Olahraga
    Cara lain untuk bantu memudarkan stretch marks pada kulit adalah dengan berolahraga. Pasalnya, stretch marks timbul karena adanya pelebaran pada tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan, jogging, yoga, dan lain sebagainya untuk membantu kulit tubuh mengencang sehingga akan mengurangi bekas stretch marks.

  • Madu
    Sama seperti dua bahan alami di atas, madu pun diketahui memiliki manfaat untuk melembapkan kulit. Tak hanya melembapkan, madu juga diketahui dapat memperbaiki kerusakan pada kulit, tak lain seperti stretch marks.

  • Lemon
    Kamu mungkin sudah tak asing akan adanya kandungan lemon di berbagai produk perawatan kulit. Ya, lemon memiliki manfaat yang baik untuk perawatan kulit, yakni seperti mencerahkan pigmentasi pada kulit.

    Stretch marks sendiri merupakan salah satu bentuk dari adanya warna kulit yang tak merata. Lemon bisa menjadi bahan yang membantu menyamarkan warna yang tak merata pada bagian stretch marks. Tak hanya itu, kandungan asam di dalam lemon juga bermanfaat untuk mengurangi serta mempercepat proses penyembuhan stretch marks.

    Itu lah kelima cara untuk bantu menyamarkan bekas stretch marks yang dapat kamu lakukan dari rumah. Semoga bermanfaat!
Edwin Suryana
Sep 14  -  3 min read