Your browser does not support JavaScript!
4 Macam Pengobatan Penyakit Kanker
4 Macam Pengobatan Penyakit Kanker

Kanker termasuk penyakit mematikan di dunia. Kanker tidak bisa disembuhkan, dan hanya bisa dikendalikan di dalam tubuh. Dalam istilah medis, pengobatan kanker bertujuan membuat sel kanker dalam keadaan tidur (fase remisi), dan diupayakan untuk tidak bangun lagi melalui berbagai macam pencegahan.

Saat ini, terdapat banyak macam pengobatan kanker, di antaranya sebagai berikut:

Kemoterapi

Kemoterapi menjadi salah satu pengobatan yang dilakukan untuk hampir segala jenis kanker. Kemoterapi dilakukan untuk mencegah agar kanker tidak kambuh. Pada umumnya, proses Kemoterapi akan memakan waktu sekitar 4 hingga 6 bulan.

Radioterapi

Selain kemoterapi, Radioterapi juga menjadi salah satu tindakan medis yang digunakan untuk merawat penyakit kanker secara umum. Meski termasuk ke dalam tindakan medis, Radioterapi ini masih dapat menimbulkan risiko kambuh pada kanker itu sendiri. 

Radioterapi tak selama dengan tindakan Kemoterapi, yakni hanya memakan waktu sekitar 5 minggu saja. 

Operasi 

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk para penyintas kanker payudara dan kanker lainnya adalah dengan melakukan operasi. Operasi dilakukan untuk membuang sel jaringan kanker secara menyeluruh. 

Meski telah dioperasi, jaringan kanker bisa terus muncul apabila tidak dilakukan cara pencegahan terhadap kanker itu sendiri. 

Terapi Target

Dilansir dari situs Mayapada Hospital, terapi target (Targeted therapy) adalah pengobatan kanker yang secara khusus menargetkan sel kanker dengan menggunakan obat atau zat lainnya untuk menghalangi sinyal kimia di tingkat sel, tingkat di mana pertumbuhan dan pembelahan sel kanker terjadi. Tujuan dari terapi target ini adalah membuat sel kanker tidak dapat tumbuh dan memperbanyak diri.

Untuk pasien kanker, semua pengobatan kanker di atas bisa kamu dapatkan di Layanan Onkologi Mayapada Hospital. Informasi lebih lanjut, hubungi hotline 150770.

Digital Dokterid
Oct 25  -  2 min read