Your browser does not support JavaScript!
3 Risiko Cedera Yang Bisa Dialami Saat Berhubungan Intim
3 Risiko Cedera yang Bisa Dialami saat Berhubungan Intim

Hubungan seks punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mengurangi stres. Meski bisa bikin tubuh sehat, berhubungan seks juga dapat memberikan masalah pada kesehatan, seperti risiko mengalami cedera. 

Disadur dari laman Well and Good, seorang terapis seks, Shannon Chavez, PsyD mengatakan, adanya cedera seks biasanya disebabkan oleh adanya ekspektasi yang tak realistis terkait dengan seks itu sendiri, di saat lebih mementingkan pada ketahanan pada durasi seks itu dibandingkan dengan kenikmatan dari seks itu sendiri. 

Terdapat tiga jenis cedera yang diakibatkan dari hubungan intim, yakni:

  • Rasa sakit pada otot tubuh
    Dalam melakukan hubungan intim, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami peradangan atau rasa nyeri pada otot, baik pada tubuh wanita maupun pria. Dr. Chavez menganjurkan, untuk menggunakan pelumas guna menghindari adanya peradangan atau rasa sakit pada otot.
     
  • Luka sobekan
    Luka sobekan menjadi salah satu cedera yang disebabkan oleh seks. Pasalnya, penetrasi akan menyebabkan adanya gesekkan, dan hal tersebut menjadi penyebab utama dari terjadinya luka sobekan pada kulit.

    Hal ini juga dapat terjadi sekalipun kamu melakukan penetrasi dengan menggunakan jari jemari. Jika kamu melakukan penetrasi dengan menggunakan jari, ada kemungkinan kamu tak sengaja menggores kulit.

    Untuk itu, kamu bisa menghindari goresan dengan cara memastikan kuku tangan bersih, dan memastikan kamu telah menggunting kuku. 

  • Nyeri tenggorokan
    Dorongan yang begitu kencang pada saat sedang melakukan seks melalui oral dapat mengakibatkan adanya rasa nyeri pada tenggorokan. Untuk mencegah terjadinya nyeri pada tenggorokan, kamu bisa memberi perhatian khusus pada tubuh kamu saat melakukan seks.

Bagaimana cara menghindari terjadinya cedera seks?

Untuk menghindari terjadinya cedera saat berhubungan intim, kamu bisa menggunakan pelumas sebelum berhubungan seks. Selain itu, ada baiknya untuk menentukan posisi yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak guna menghindari adanya cedera. 

Tak hanya itu, kamu juga perlu lebih mendapatkan edukasi seputar seks, agar seks yang kamu lakukan berkualitas dan memenuhi kebutuhan kesehatan seksual serta kepuasan seks. 

Kamu mengalami masalah kesehatan seksual? Konsultasikan dengan expert kami melalui layanan Telekonsultasi sekarang!

Digital Dokterid
Oct 28  -  2 min read