Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 11 Aug 2019  18:59 WIB  1 komentar
Selamat malam dokter,
Saya sudah lama merasakan perasaan seperti sangat rindu pada masa lalu dan menyesali hal hal yang saya pernah perbuat dimasa lalu,
Saya menyesali waktu yang semakin cepat berputar, tanpa saya bisa menikmatinya waktu itu sepenuhnya.
Itu sangat membuat saya gelisah, streess dan tidak tenang.
Saya merasa terlambat memperbaiki itu semua.
Ditambah lagi penyakit gangguan kecemasan dan asam lambung yg saya punya membuat pergerakan saya terbatas.
Saya hanya berputar-putar di zona yang saya anggap nyaman dan tidak membahayakan saya.
Saya menjadi seperti penakut, tidak bisa mengontrolnya emosi yang terkadang diiringi tangan yg bergetar.
Bisa kah dokter jelaskan mengapa rasa rindu dan penyesalan akan masa lalu itu sering timbul dalam pikiran saya?
 12 Aug 2019  15:08 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Sudah sewajarnya orang yang pernah melakukan kesalahan, akan mengalami perasaan bersalah serta menyesal. Seberapa besar intensitas perasaan ini tentunya bisa sangat bervariasi tergantung dari kondisi masing-masing orang. Manusia yang baik bukanlah manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan, namun apabila salah mau menyadari kesalahannya, dan mampu mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

 

Kecemasan adalah reaksi normal terhadap stres.  Hal tersebut adalah lumrah ketika seseorang merasakan cemas saat menghadapi sebuah situasi. Namun anda perlu waspada terhadap dampak buruk dari gangguan mental berupa kecemasan berlebihan yaitu rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan dan mengganggu. Dengan berjalannya waktu, gangguan kecemasan dapat bertambah parah bahkan memberi dampak buruk terhadap kehidupan seseorang, misal terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya kemampuan belajar, dan memperburuk hubungan pribadi seseorang.

 

Untuk mengurangi rasa cemas, anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Cobalah membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan anda, hingga anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman berkarbonasi. Kafein dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.
  • Cobalah tidur tepat waktu 
  • Carilah hobi yang mampu membuat anda melupakan kecemasan
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok karena bisa memperparah gangguan kecemasan yang dialami.

 

Apabila kecemasan berlebihan tersebut mulai menekan dan sulit dikendalikan, segeralah hubungi dokter atau psikiater jika anda merasa kecemasan sudah terlampau berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk kerja, sekolah, atau kehidupan sosial anda. Penanganan gangguan kecemasan berlebihan umumnya dapat dilakukan dengan psikoterapi,  pemberian obat, atau gabungan keduanya. Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat