Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 23 Aug 2019  15:02 WIB  1 komentar
Dok, saya ingin bertanya leher saya sakit saat menengok ke kiri, hadap ke atas dan bawah itu karena apa yaa dok ?? Dan untuk penyembuhan bagimana dok ??
Terima kasih
 23 Aug 2019  22:36 WIB

Selamat Malam

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Nyeri yang anda alami dapat disebabkan oleh:

- Posisi leher yang salah, misal: posisi tidur/ duduk /bekerja yang salah

- Cedera otot

- Saraf terjepit

- Stress

- Kelainan pada tulang

- Penyakit degenerative atau tumor.

- dll

 

Beberapa cara untuk mengatasi nyeri pada leher:

  • Kompres leher dengan air hangat untuk mengurangi kekakuan otot
  • Bila sudah terlalu lama bekerja menghadap layar komputer, coba istirahat sejenak untuk melemaskan otot-otot pada leher.
  • Lakukan olahraga leher ringan seperti gerakkan kepala anda ke atas, ke bawah, ke samping kiri dan kanan.
  • Bila sangat nyeri, anda dapat mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau obat  anti-nyeri yang dapat dioles.
  • Cobalah untuk tidak tidur dengan bantal yang tinggi, gunakan 1 bantal saja, hindari tidur dengan 2 atau lebih bantal selama masih ada nyeri dan kaku leher.  Tidur dalam posisi lurus, dan sebaiknya tidur di atas kasur yang keras
  • Berolahraga seperti berenang atau bersepeda dapat mengurangi nyeri karena mengurangi tekanan pada tulang punggung dan sekitarnya. Jangan berolahrga yang justru memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban karena justru dapat memperparah nyeri

  

 

Apabila setelah melakukan hal diatas nyeri masih tetap berlanjut, sebaiknya anda langsung berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk dicari penyebab nyeri nya. Karena beda penyebab akan berbeda dalam pengobatan. Sehingga anda dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter dan diterapi dengan tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.