Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 23 Aug 2019  18:32 WIB  1 komentar
Halo dok, saya mau tanya, kenapa sih siklus menstruasi saya tidak normal, nyerinya juga nyebelin (nyeri nyeri dikit, tapi berkelanjutan), tapi dapet nya juga belum merah.
Mohon dijawab dok,
Terimakasih.
 23 Aug 2019  22:42 WIB

Selamat Malam

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Apakah yang anda maksud dengan siklus menstruasi tidak normal adalah siklus menstruasi anda tidak teratur? Siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Siklus haid seorang wanita memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Penyebab siklus haid tidak lancar antara lain:

  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Stress psikologis
  • Kelelahan dan aktifitas fisik yang berat
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Obesitas
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Gangguan kelenjar tiroid, dsb

 

Keluhan nyeri haid dikenal dengan nama dismenore. Normalnya pada saat proses menstruasi menimbulkan rasa nyeri karena adanya kontraksi dari dinding rahim yang berusaha meluruhkan dinding rahim yang menebal untuk persiapan kehamilan yang ternyata tidak terjadi. Nyeri perut yang anda rasakan dapat berasal dari proses menstruasi tersebut dan hal tersebut tergolong normal. Namun nyeri juga dapat berasal dari organ lain yang sebetulnya tidak berkaitan dengan proses menstruasi.Apabila nyeri yang anda rasakan berlangsung lama, nyeri sangat hebat sampai mengganggu aktivitas anda sehari-hari, timbul perdarahan yang berlebihan/ haid tidak teratur, terjadi keputihan abnormal, maka hal-hal ini dapat menjadi tanda adanya penyakit tertentu seperti endometriosis, myoma uteri, radang panggul, dll. Untuk memastikan penyebab pasti dari keluhan anda memang diperlukan pemeriksaan USG dan sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat