Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 14 Aug 2019  13:12 WIB  1 komentar
Assalamu'alaikum dokter.
Selamat siang bapak/ibu dokter semua..
Perkenal kan nama saya rusdianto,saya ingin konsultasi dan bertanya kepada bapak/ibu dokter..
Begini dokter,,saya ada mengalami beberapa kali pusing dan pingsan tiba-tiba dan badan saya terkadang seperti kejang gitu ketika saya pingsan itu dokter..ketika pingsan itu datang waktu nya tidak ketentuan atau tidak hanya ketika saya lagi duduk atau sedang aktif,bahkan ketika saya sudah tidur ternyata saya pingsan tiba-tiba begitu saja,ketika saya sadar badan terasa pegal semua,kepala terasa berat dan terkadang muntah2.
Pertama kali saya mengalami pingsan itu sudah cukup lama,pada tahun 2009 ketika lagi duduk nyantai sama teman rame2 sambil gitar dan nyeduh kopi saya lngsung ambruk dan tepar begitu saja tanpa ada rasa puyeng/pusing..setelah cukup lama tdk terjadi pingsan kejang tersebut,baru pada tahun 2014 saya mengalaminya lg hingga sampai saat ini dokter.
Penyakit apa yg saya hidap tersebut dokter dan apa pantangan dan larangan nya..??
Mohon bantuan dan jawaban nya dokter..
Terimakasih sebelumnya saya haturkan..
Assalamu'alaikum
 14 Aug 2019  16:13 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan pingsan serta kejang, salah satunya adalah epilepsi. Epilepsi adalah kecenderungan untuk kejang akibat adanya gangguan hantaran listrik pada sel-sel saraf.  Penyebab epilepsi mayoritas tidak diketahui, namun ada beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan epilepsi antara lain faktor genetik/keturunan, cedera kepala, infeksi otak, stroke, keganasan, dll. Epilepsi ini banyak jenisnya, ada yang hanya berupa pingsan, atau bahkan epilepsi yang hanya berupa gerakan anggota tubuh secara otomatis namun penderitanya masih tetap sadar. Pencegahan untuk kekambuhan dari epilepsi adalah dengan rutin mengkonsumsi obat anti epilepsi (OAE), untuk pengobatan ini sendiri bisa dihentikan jika dalam waktu 2 tahun bebas bangkitan kejang.

 

Bentuk kejang pada penderita epilepsi bermacam-macam, namun yang paling sering terjadi adalah kejang tonik-klonik yang ditandai dengan anggota tubuh bergerak-gerak (kelojotan), kehilangan kendali atas buang air besar dan buang air kecil, lidah tergigit, serta sulit bernapas. Kejang ini biasanya berhenti setelah beberapa menit. Sesudah itu, penderita dapat merasa pusing, bingung, lelah, atau sulit mengingat apa yang sudah terjadi.

 

Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya kejang bagi orang yang menderita epilepsi antara lain: stress, kurang istirahat, tidak rutin minum obat anti-epilepsi, menstruasi, makanan tertentu yang me ngandung kafein, dll.  Penanganan epilepsi juga harus ditunjang dengan pola hidup yang sehat, seperti : makan makanan sehat dan bergizi, minum air putih minimal 2 liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, dll.

 

Namun selain kondisi epilepsi, ada beberapa kondisi lainnya yang perlu dicurigai sebagai penyebab pingsan dan kejang antara lain: gangguan elektrolit, hipoglikemia, efek dari alkohol/narkotika, meningitis, encefalitis, dll.

 

Untuk memastikan diagnosis pada anda tentunya tidak bisa hanya melalui forum konsultasi ini. Penentuan diagnosis harus melalui proses wawancara/anamnesa, pemeriksaan fisik secara langsung pada pasien dan melalui sejumlah tes penunjang yang dilakukan guna mengetahui kondisi abnormal pada otak. Kami sarankan apabila keadaan ini sering terjadi, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk mendapat diagnosis dan terapi yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat