Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 12 Jul 2019  17:39 WIB  1 komentar
Dok saya mau tanya apakah selain frekuensi denyut jantung per menit, kuat lemahnya denyut jantung yg dirasakan di dada juga menentukan normal tidaknya jantung?

Apakah detak jantung yg dirasakan di dada sangat pelan bahkan seperti tidak terasa sama sekali menandakan gangguan jantung walaupun frekuensi denyut jantung normal. Terima kasih sebelumnya
 12 Jul 2019  18:06 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa denyut nadi tidak dapat dipakai sebagai satu-satunya patokan apakah seseorang mengalami gangguan jantung. Gangguan jantung sangat banyak macamnya dan tidak semua dapat terdeteksi dari denyut nadi. Beberapa penyebab gangguan irama jantung antara lain: ketidakseimbangan elektrolit, efek samping obat, gangguan kelenjar tiroid, merokok, konsumsi alkohol, dll. Untuk memastikan adanya gangguan jantung diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung pada anda oleh dokter secara langsung, pemeriksaan penunjang lainnya seperti EKG, dll. Apabila anda merasa keluhan lainnya, anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter spesialis jantung untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat