Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 22 May 2019  13:52 WIB  1 komentar
Dok, umur saya saat ini 24 tahun .. Haid saya diawali dengan flek coklat kehitaman ..flek nya itu tidak beraturan dok, kadang banyak (pembalut saya sudah kayak ditaburi bubuk kopi gitu dok) dan terkadang sedikit-sedikit. Terkadang masa flek nya juga lama dan ada juga singkat.
Kalau darah haid biasanya berlangsung 4-5 hari. Namun saat ini darah saya masih keluar sedikit-sedikit dimasa yang sudah lewat dari seminggu dok.
Flek hitam itu muncul nya di tanggal 13-14 .. Darahnya keluar tanggal 15 sampai tanggal 19 .
Tanggal 20- sampai saat ini masih ada juga darah nya walau sedikit..
Apakah lama haid saya wajar dok ?
Apakah flek hitam kayak bubuk kopi itu juga hal yang biasa?
 22 May 2019  17:12 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Siklus haid seorang wanita memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. 

 

Perdarahan menstruasi yang terlalu berat, berkepanjangan, atau tidak teratur disebut menorrhagia. Hal ini dapat disebabkan oleh:

- Perdarahan uterus disfungsional /DUB:sering dialami wanita yang berusia lebih dari 40 tahun. DUB menunjukkan adanya ketidakseimbangan hormonal yang dapat memengaruhi stabilitas lapisan rahim dan menyebabkan bercak saat anda tidak sedang haid, jumlah perdarahan menstruasi yang lebih banyak, dan durasi yang lebih lama dari seminggu.

- Menggunakan KB hormon: dapat mengubah durasi, frekuensi, dan keparahan perdarahan di setiap siklus menstruasi. 

- Endometriosis/ adenomiosis

- Hiperplasi endometrium:  penebalan dinding rahim abnormal yang biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron

- Obesitas

- PCOS

- Polip endometrium, myoma uteri

- dll

 

Apabila siklus menstruasi anda tetap tidak teratur dan sering, sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter kandungan sehingga dokter dapat melakukan wawancara langsung dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG sehingga dapat diketahui pasti penyebab yang mendasari. Anda dapat diterapi setelah mengetahui penyebab pasti dari keluhan anda, karena penyebab dapat bermacam-macam. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat