Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 03 Oct 2019  19:10 WIB  1 komentar
Bolehkah berhubungan suami istri saat hamil?
 04 Oct 2019  11:04 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Sebenarnya jika berdasarkan pemeriksaan dokter kondisi kehamilan anda sehat, tidak ada larangan untuk melakukan hubungan seksual saat hamil pada usia kehamilan berapapun. Namun bila terdapat riwayat/kondisi medis seperti pernah mengalami keguguran, ketuban bocor, menderita plasenta previa, memiliki riwayat melahirkan prematur, mengandung janin kembar, mengalami pendarahan pada vagina yang tidak diketahui penyebabnya sebaiknya hubungan seksual perlu disikapi dengan lebih hati-hati. Melakukan hubungan seksual saat hamil juga sebaiknya memperhatikan kondisi psikis anda juga, apakah anda merasa nyaman atau tidak sehingga tidak menimbulkan beban stress atau paksaan.

 

Saat ejakulasi, sperma yang dikeluarkan mampu menimbulkan terjadinya kontraksi rahim. Namun, jika kondisi kehamilan anda sehat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena janin dilindungi oleh plasenta sehingga tidak akan terpengaruh, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk merangsang terjadinya persalinan.

 

Untuk mengurangi kemungkinan adanya resiko berhubungan intim saat hamil, sebaiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin kepada dokter kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.