Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 12 Jul 2019  06:04 WIB  1 komentar
Bagaimana cara menghilangkan sakit asam lambung ?
 12 Jul 2019  08:13 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Apa yang anda maksud adalah maag? Maag/Gastritis/dispepsia, yaitu suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Ada 2 macam dispepsia:

-Dispepsia Organik: terjadi kerusakan atau kelainan pada organ pencernaan yang mengakibatkan kerja lambung menjadi tidak normal (misal: tukak lambung, tukak usus). Dispepsia organik ini diketahui melalui pemeriksaan endoskopi

-Dispepsia Fungsional: disebabkan karena kesalahan pola makan (makan tidak teratur dan makan makanan yang memicu timbulnya sakit maag), stress, emosi, dan juga merokok. 

 

Beberapa gejala yang dapat dialami antara lain: nyeri ulu hati,  cepat merasa kenyang saat makan, perut kembung, mual, muntah, gangguan saluran pencernaan, muntah darah, dll. Apakah anda juga mengalami beberapa keluhan ini? Beberapa faktor yang memicu gastritis antara lain: infeksi bakteri H. pylori, efek samping mengkonsumsi obat anti inflamasi non steroid dalam waktu lama, stres psikologis, konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan,dll. Jika sebelumnya anda sudah pernah terdiagnosa memiliki penyakit Dispepsia/gastritis, lakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, jangan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak, makanan siap saji dan daging olahan (seperti sosis, chicken nugget, hot dog) , makanan pedas, gorengan, minuman bersoda maupun yang mengandung kafein, tidur dengan bantal yang agak tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang berbaring, hindari stres. Penanganannya sendiri berupa obat maag seperti antasida, golongan antagaonis reseptor H2 seperti Ranitidine, dan golongan Proton Pump Inhibitor seperti omeprazole.

 

Apakah anda sudah melakukan pola makan dan hidup seperti di atas?  Karena penderita dispepsia selain meminum obat juga perlu melakukan pengaturan gaya hidup. Jika keluhan anda sudah cukup lama, kami sarankan anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapat terapi yang tepat.

 

 Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat