Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 19 Jul 2014  10:33 WIB  1 komentar
anak saya berumur 3 tahun 2 bulan. dengan berat ketika lahir hanya 1.82kg secara normal dan kata dokter yang menanganinya dulu masuk kategori BBLR tetapi berat badannya naik secara baik bahkan kurvanya diatas bayi berat normal dan minum ASI sampai 2 tahun. umur 3 bulan sempat terapi zat besi selama 2 bulan tetapi alhamdulillah semua ada peningkatan dengan baik kata dokter. berat badannyapun tetap tumbuh normal. saat ini yang saya masih terus perhatikan adalah warna kulit anak saya dimana telapak tangan dan kaki selalu putih dan jarang sekali terlihat merah. padahal katanya balita malah sering terlihat lebih merah dari orang dewasa. pertanyaan saya : 1. apakah anak saya mengalami defisiensi zat besi ? 2. atau mungkin ada gejala penyakit atau kekurangan vitamin? 3. lalu bagaimana solusi dan saran saran dari dokter ? 4. pada bagian wajah anak saya urat pada pelipis mata kanan dan kiri dan diantara kedua mata sangat terlihat lebih jelas dibanding anak lain, artinya apa ya dok ? apakah karena kulitnya terlalu tipis atau memang karena BBLR nya dahulu? 5. terima kasih dokter atas semua jawaban dan saran sarannya salam sukses dan sehat selalu
 21 Jul 2014  13:30 WIB

Saudara yang Terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan yang Anda berikan


1. Tanda-tanda defisiensi zat besi

  • Kulit pucat
  • Nafsu makan buruk
  • Sesak nafas
  • Peradangan pada lidah
  • Denyut jantung tidak teratur

Untuk tanda yang ada pada anak Anda mungkin saja mengalami defisiensi zat besi, namun untuk lebih pastinya dilakukan pemeriksaan laboratorium
2. Gejala telapak tangan dan kaki mudah pucat dapat juga disebabkan kekurangan vitamin B12
3. untuk membantu mengatasi kekurangan zat besi:

  • Memberikan diet yang seimbang, sumber zat besi yang baik seperti kuning telurm daging merah, ayam, ikan, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.
  • Menggunakan susu formula yang mengandung zat besi
  • Konsumsi vitamin C yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Seperti melon, stroberi, alpikat, kiwi, brokoli, tomat dan kentang.
  • Suplemen zat besi yang tentu Anda dapat setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak

4. Urat yang terlihat bisa disebabkan karena kulit yang tipis atau terlalu putih, apa ada gejala lain dari bentuk urat tersebut?


Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu